Sebanyak 982 Paket Infrastruktur Ditandatangani, Diharapkan Berikan Daya Ungkit Ekonomi

oleh -Dibaca 264 kali

Pacitanku.com, BOGOR – Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (15/01/2021) menyaksikan penandatanganan kontrak 982 paket tender Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp12,5 triliun dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sebagai kementerian yang mendapatkan anggaran terbesar pada APBN 2021 senilai Rp149,8 triliun, Presiden Jokowi mengingatkan Kementerian PUPR agar penggunaan anggaran tersebut harus dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya ingin mengingatkan seluruh jajaran di Kementerian PUPR agar anggaran yang besar ini harus memiliki dampak yang signifikan, memberikan daya ungkit bagi ekonomi kita, membuat sektor konstruksi nasional bergeliat kembali,”kata Jokowi.

Penandatanganan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden dan di lakukan langsung serentah di 34 provinsi.

“Kontrak yang ditandatangani serentak oleh Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) dan penyedia jasa di kantor PUPR seluruh Indonesia,”kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Perlu diketahui pagu anggaran Kementrian PUPR tahun anggaran 2021 sesuai RAPBN 2021 mencapai Rp 149,81 teriliun. Itu berarti PUPR berencana menyerap sekitar 71 persen anggaran.

Sebelumnya pada bulan Desember 2020, telah meneken kontrak 209 paket senilai Rp 2,1 triliun. Dan akan menyelesaikan serta menandatangani kontrak 1984 paket pekerjaan insfrastruktur hingga akhir februari 2021.Seluruh kontrak senilai 24 triliun.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan