Indrata-Gagarin Ajak Masyarakat Pertahankan Nilai Budaya dan Kultur Pacitan

oleh -1387 views
JALAN KAKI. Aji dan Gagarin saat perjalanan pendaftaran Cabup-Cawabup ke KPU Pacitan, Jumat (4/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin Sumrambah mengajak masyarakat untuk tidak meninggalkan nilai-nilai budaya dengan mempertahankan budaya dan kultur Pacitan.

“Kami tidak ingin terbawa dan membawa Pacitan ini meninggalkan nilai-nilai budaya, nilai-nilai kultur, serta nilai-nilai yang lain di Pacitan ini,”kata Cawabup Gagarin, seperti dikutip dari laman Youtube JTV Pacitan pada Senin (12/10/2020).

Lebih lanjut, Gagarin mengungkapkan, dirinya berharap masyarakat tidak kehilangan jatidiri sebagai orang Pacitan.

“Kami tidak ingin, hanya karena perjuangan yang dibiaskan itu, akhirnya kita mempunyai kemajuan, tetapi kehilangan ciri khas, kehilangan jatidiri sebagai orang Pacitan,”ujar mantan Wakil Ketua DPRD Pacitan ini.

Baca juga: Istri Bupati Pacitan Ajak Masyarakat Menangkan Aji-Gagarin

Sebagai contoh, jatidiri, budaya dan kultur yang dimiliki masyarakat Pacitan tercermin dalam semangat religiusitas.

Untuk itu, Cabup Indrata Nur Bayuaji mengharapkan kegiatan religiusitas, seperti sholawatan dan pengajian dilakukan rutin di Pacitan.

“Kalau bisa rutin dua bulan tiga bulan masing-masing kecamatan mengadakan misalkan sholawatan pengajian secara rutin itu sangatbaik, itu harapannya jadi biar semaunya lancer dengan fadilah,”kata pria yang akrab disapa Aji ini.

Sebagai informasi, Aji dan Gagarin maju dalam Pilbup Pacitan 2020. Keduanya yang berada di nomor urut 1 diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah tahapan Pilbup Pacitan. Setelah penetapan Paslon dan pengundian nomor urut, tahapan kemudian dilanjutkan masa kampanye pada Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.