Kunjungi Warga Terdampak Kekeringan di Tegalombo, Indartato Bantu Air Bersih dan Beras

oleh -13141 views
Indartato saat membantu air bersih di Dusun Semburan, Ploso, Tegalombo. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kekeringan masih menjadi persoalan serius bagi sebagian wilayah di Kabupaten Pacitan. Tak sedikit masyarakat yang tinggal di wilayah zona kritis harus berjuang keras demi seteguk air bersih kala kemarau melanda.

Seperti yang dialami oleh warga Dusun Semburan Desa Ploso Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Dusun dengan 271 kepala keluarga itu termasuk salah satu daerah langganan kekeringan. Terlebih, jika memasuki puncak kemarau di bulan Juli sampai memasuki musim penghujan.

“Masyarakat Dusun Semburan berpenduduk 1011 jiwa dan 80 persen terdampak kekeringan,”terang Nardi Hariyanto, Kades setempat, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat kemarau warga Dusun Semburan terpaksa mencari dari sumber air di dusun tetangga. Itupun harus menempuh jarak kurang lebih sejauh 5 km.

Kondisi ini mengundang keprihatinan Bupati Indartato. Kepala daerah yang hampir menyelesaikan kepemimpinan dua periode itu, Selasa (6/10/2020) mengunjungi Desa Ploso untuk bertemu langsung warga. Dalam kesempatan itu bupati juga membantu air bersih serta beras cadangan pangan kepada warga 5 dusun di Desa Ploso.

“Untuk masalah air bersih pemerintah akan menurunkan tim untuk melakukan survei keberadaan sumber air,”ungkap Indartato.

Bupati berharap tim survei nanti menemukan titik sumber air yang mampu memenuhi kebutuhan warga secara mandiri. Sehingga saat kemarau datang, warga tidak lagi  bersusah payah atau mengandalkan droping air bersih lagi.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan