Ada Aturan Protokol Kesehatan di Pilbup Pacitan, Aji: Tidak Masalah, Ini Bagian Edukasi Kepada Masyarakat

oleh -1386 views
Paslon Aji dan Gagarin saat membacakan naskah deklarasi kampanye damai pada Jumat (25/9/2020) di Pendopo Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Calon Bupati (Cabup) Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji mengaku dirinya tak mempermasalahkan aturan tentang protokol kesehatan (prokes) pencegahan coronavirus disease 2019 (COVID-19) dalam gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020.

Sebagai informasi, sebelumnya pada Kamis (24/9/2020), KPU menggelar pakta integritas untuk Paslon terkait penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilbup.

Setelah KPU, disusul Bawaslu Pacitan yang menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan protokol kesehatan Pilbup Pacitan.

Salah satu bentuk pembatasan dalam upaya penerapan protokol kesehatan itu adalah dalam kegiatan kampanye, dimana pertemuan maksimal diikuti 50 orang.

“Kami sebagai paslon yang nantinya kalaupun Insyaallah menjadi pemenang itu kan juga tetap terbatasi dengan aturan, jadi dalam rangka pemenangan atau pembatasan oleh KPU itu tidak ada masalah, kami akan nurut mengikuti aturan yang ada,”kata pria yang akrab disapa Aji ini, saat dikonfirmasi pada Jumat (25/9/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Aji yakin, aturan itu dibuat demi kebaikan semua, demi kesehatan kita semua. “Dan demi konsusifitas warga masyarakat Pacitan,”ujar dia.

Selain itu, terkait kegiatan pertemuan dengan masyarakat Pacitan yang juga diberlakukan pembatasan, Aji menilai hal itu bukan sebuah masalah.

“Saya pikir sama saja, karena pada dasarnya kami bersilaturahmi bertatap muka dengan masyarakat bukan hanya menjelang (Pilbup) ini saja, tapi Insyaallah sudah dari tahun kemarin, jadi ini saya anggap bisa menguntungkan, tidak ada masalah,”jelasnya.

Menurutnya, hal itu juga bagian dari edukasi kepada masyarakat.

“Insyaallah tidak ada masalah, (aturan) ini bagian dari edukasi juga kepada masyarakat, dan kami yang paslon sebagai calon pemimpin juga diharapkan mampu memberikan contoh kepada masyarakat,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, semua Paslon di Pilbup Pacitan, yakni nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin dan nomor urut 2 Yudi Sumbogo-Isyah Ansori bersepakat melakukan deklarasi dan penandatanganan pakta integritas bersama jaga pemilihan sehat, jujur dan adil pada Pilbup Pacitan 2020.

Kegiatan tersebut diikuti semua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, yaitu nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin dan nomor urut 2 Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Semua paslon tersebut juga membacakan naskah deklarasi Pilkada damai tersebut.

Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus HRW saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan itu bagian dari upaya mewujudkan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sebagai bagian dari aturan dalam Pilbup Pacitan 2020.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Aji-Gagarin Nomor Urut 1, Mbogo-Isyah Nomor Urut 2, Apa Kata Para Paslon?