Kelebihan Muatan, Truk Pengangkut Besi Tergelincir Menimpa Rumah Warga

oleh -13344 views
Truk mengalami kecelakaan di Tanjakan Mloko, Sedeng, Ahad (30/8/2020). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kecelakaan lalu lintas karena kelalaian kembali terjadi di jalur ekstrem, tepatnya di tanjakan Mloko Desa Sedeng Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Pasalnya truk double, 6 roda bermuatan penuh besi ini nekat melewati jalur tanjakan dan tikungan lajur alternatif Sedeng. Padahal di ujung jalan masuk di wilayah Pringkuku, sudah terpasang tanda peringatan pelarangan kendaraan roda enam keatas dilarang lewat, namun masih saja banyak kendaraan yang nekat melintas.

Truk yang berasal dari Klaten dengan tujuan RSUD Pacitan ini rencana akan mengirim material besi. Namun dalam perjalanan, tepatnya diturunan tajam Mloko, roda belakang kanan pecah karena panas, tak ayal lagi truk pun oleng dan ambruk.

Sementara material besi berhamburan keluar dan menimpa rumah warga hingga dinding depan rumah jebol.

“Truk tersebut kelebihan muatan, dan karena beban yang tak sesuai akhirnya ban belakang meletus. Karena kondisi jalan menurun langsun truk terguling ke kanan,”jelas Briptu Afif Risky, Kanit Laka Lantas Polres Pacitan, Ahad (30/8/2020).

Dalam proses evakuasi truk, satuan pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Pacitan juga dikerahkan. Hal itu dikarenakan tumpahan truk yang bercecer di jalan cukup membahayakan pengendara lain.

“Kami harus semprot tumpahan solar tersebut sampau bersih. Ini jalan kan menanjak tajam. Kalau tidak dibersihkan cukup berisiko karena pasti licin. Prosesnya kami semprot dan kami sikat. Agar benar-benar bersih,”terang Juri, anggota pasukan pemadam kebakran Pacitan.

Sampai berita ini ditulis, proses evakuasi dan pembersihan jalan masih berlangsung,sementara sopir truk dengan nomor polisi W 9312 MU, yang kemudian diketahui bernama Sumanto, warga Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur selamat. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Truk Pengangkut Besi Tergelincir di Tanjakan Mloko Sedeng Pacitan