Zona Masih Kuning, Metode Pembelajaran Klasikal Belum Bisa Dilaksanakan di Pacitan

oleh -13252 views
Kepala Dinas Pendidikan Pacitan Daryono. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Metodologi pembelajaran secara klasikal, sepertinya masih belum bisa diterapkan di Pacitan. Hal itu mengingat, saat ini Kabupaten Pacitan, belum masuk zona hijau, melainkan masih zona kuning sebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Daryono, mengatakan, metodelogi pembelajaran klasikal sebagaimana arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi, hanya bisa dilaksanakan oleh daerah yang berstatus zona hijau sebaran COVID-19.

Itupun, lanjut dia, harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Zona hijau bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara klasikal. Namun harus memenuhi persyaratan. Seperti izin dari gugus tugas dan orang tua murid. Selain itu, juga harus lolos verifikasi oleh Dinas Pendidikan dimasing-masing daerah,” jelasnya, Kamis (8/7/2020).

Untuk Pacitan sendiri, sambung Daryono, masih tetap menerapkan belajar dari rumah (BDR). Sebab saat ini status sebaran COVID-19 masih masuk zona kuning.

“Karena alasan itulah, kami belum bisa melaksanakan sistem pembelajaran secara klasikal. Kami imbau siswa didik tetap tekun mengikuti arahan guru. Begitupun para guru agar lebih intensif memantau siswa didiknya. Selain itu, kami imbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Terutama pakai masker dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir,”pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan