Tahapan Pilbup Dipastikan Bakal Terus Berjalan

oleh -13145 views
Ilustrasi Pilkada

Pacitanku.com, PACITAN – Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) serentak di 270 daerah di Indonesia, dipastikan bakal kembali berjalan mulai 15 Juni nanti.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, tahapan Pilbup dipastikan akan terus berjalan. Hal tersebut merujuk hasil koordinasi secara virtual dengan Kemendagri belum lama ini.

Ia menegaskan, pandemi COVID-19 belum juga berhenti. Karena itu, agar tata pemerintahan di daerah tetap bisa berjalan, tentu Pilbup harus tetap dilaksanakan tahun ini.

“Pemerintah pusat tak menginginkan adanya penjabat bupati (Pj) di 270 daerah, dalam kurun waktu lama, kalau seandainya Pilpub harus ditunda gegara wabah coronavirus,” ujarnya, Sabtu (13/6/2020).

Menurut Rachmad, pandemi COVID-19, tak bisa diprediksi kapan akan berakhir. Terlebih, data secara nasional, hampir saban hari terus ada penambahan pasien positif COVID-19. Karena pertimbangan itulah, Pilbup akan tetap dilaksanakan tahun ini.

“9 Desember merupakan ketentuan mutlak, yang tidak bisa ditunda lagi,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan