The Power of Emak-emak di Pacitan, Bikin Baksos Makanan Digantung di Papan Tepi Jalan

oleh -13678 views
Ibu-ibu di kawasan lingkungan Slagi ini membuat acara bakti sosial bertema “Sedekah mandiri sedekah berkah”

Pacitanku.com, PACITAN – Di saat pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) seperti yang terjadi saat ini, beragam cara dilakukan warga untuk terus berbagi dengan sesama, untuk meringankan warga terdampak, baik secara kesehatan maupun terdampak secara ekonomi. Seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu di lingkungan RT/RW 01/03, lingkungan Krajan, Kecamatan Pacitan.

Solidaritas “The power of emak-emak” di kawasan lingkungan Slagi ini membuat acara bakti sosial bertema “Sedekah mandiri, sedekah berkah” dengan tema besar “Siapapun panjenengan silahkan ambil sendiri seperlunya.”

Dalam baksos ini, ibu-ibu setempat melakukannya dengan cara yang unik. Sebagai upaya untuk menaati imbauan Pemerintah ditengah pandemi COVID-19 soal pembatasan interaksi dengan cara physical distancing, ibu-ibu setempat membuat spot khusus di tepi jalan tepat di perempatan Slagi, di belakang kantor Kabupaten Pacitan.

Spot khusus itu berupa papan kayu untuk menggantung takjil dan paket baksos, sehingga dapat langsung diambil oleh warga yang berlalu lalang. Gantungan dari kayu tersebut kemudian diisi dengan sejumlah bantuan bahan pangan dan makanan siap saji.

“Ini inisiatornya ibu-ibu RT 01/RW 03 Krajan Pacitan, yang bantuan yaitu berupa bahan pangan, makanan siap saji, yang selalu diupdate tiap hari, pagi, siang, sore,”kata salah satu warga setempat, Normasari Nastiti, Jumat (15/5/2020).

Khusus tiap sore, kata Normasari, biasanya ada takjil untuk keperluan berbuka yang ditaruh di tempat kayu bercat hijau tersebut.“Jadi orang bebas mau beramal dan juga mengambil bagi yang membutuhkan,”ujarnya.

Dalam video yang diterima Pacitanku.com dari Normasari, istri Bupati Pacitan, Luki Tribaskorowati juga turut memberikan paket makanan siap saji tersebut pada Kamis (14/5/2020) kemarin.

“Bu In (sapaan akrab Luki, red) selaku warga RT/RW 01/03 lingkungan Krajan, Slagi turut ikut membantu memberikan menu buka puasa dan beberapa sembako gratis, lokasi tepatnya di perempatan Slagi, belakang kantor kabupaten, depan gedung YABI arah ke kantor Samsat,”jelasnya.

Selain istri dari Bupati Pacitan, sejumlah tokoh juga, bahkan di luar Kelurahan  turut berpartisipasi dalam kegiatan baksos tersebut.

“Tidak hanya warga Kelurahan Pacitan yang ikut mendistribusikan kebutuhan pangan, contohnya tadi setelah bu Indar ada juga dr Ewif Ndaru Mustikoaji yang juga turut serta,”ujarnya.

Normasari mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. Sebab sesuai tagline, siapapun boleh mengambil seperlunya paket baksos yang diletakkan di papan kayu tersebut.

“Khususnya banyak tukang becak dan lain-lain yang mampir tiap pagi, siang, sore mengambil bahan pangan dan juga menu buka gratis, semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak,”pungkasnya.

Dalam video tersebut, Luki Tribaskorowati yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan tersebut.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada inisiator ibu-ibu RT/RW 01/03 lingkungan Krajan, semoga amal panjenengan bermanfaat ntuk masyarakat, dan ini menjadi amal ibadah panjenengan, mudahan-mudahan diterima oleh Allah SWT,”katanya.

Editor: Dwi Purnawan