Jumlah Pendatang di Pacitan Ternyata Masih Signifikan

oleh -13255 views
Juru bicara satgas penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Meski jumlah kedatangan bus di terminal Tipe A, Kota Pacitan, masih sangat sepi, namun tak bisa dijadikan indikator penentu, terhadap jumlah kedatangan pemudik.

Sebab, tak sedikit para pendatang yang turun di jalan, dan melanjutkan perjalanan dengan rute jalan tikus menuju kampung halaman.

Pernyataan tersebut seperti disampaikan Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, Rabu (13/5).

“Penumpang bus yang turun di terminal, nggak bisa dibuat tolak ukur. Sebab kebanyakan penumpang turun sebelum terminal Pacitan,”ujarnya.

Indikator tersebut dapat dilihat dari masih banyaknya pendatang yang dipantau oleh gugus tugas.

“Jumlah orang yang dipantau tetap merangkak naik. Artinya, pendatang ke Pacitan dapat disimpulkan masih signifikan. sebab grafiknya terus ada kenaikan,”ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Persoalan tersebut, lanjut Rachmad, lantaran di Pemkab Pacitan, tidak atau belum melaksanakan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Maka secara otomatis Pacitan masih terbuka bagi para pendatang yang pulang  kampung. Sehingga sekali lagi kepada para pendatang diimbau melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Tidak kemana-mana dan selalu menjalankan protokol kesehatan,”pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan