Korsleting, Satu Rumah Warga di Sudimoro Hangus Terbakar

oleh -13235 views
Kebakaran rumah milik warga Sudimoro pada Ahad (3/5/2020).

Pacitanku.com, SUDIMORO –  Bencana kebakaran melanda satu unit rumah milik warga di RT 03 RW 07 Dusun Mekarsari, Desa Sudimoro, Pacitan pada Ahad (3/5/2020) pagi. Dampaknya bencana tersebut menyebabkan kerugian hingga Rp 200 juta.

Menurut keterangan Danramil 0801/09 Sudimoro Kapten Chb  Joko Prasetyo kejaian kebakaran tersebut menimpa bangunanmilik Eko Wahyudi, seorang wirasawasta yang diduga akibat adanya hubungan arus pendek atau konsleting listrik.

“Kronologi kejadiannya, pada Ahad pagi sekitar pukul 02.00 WIB, salah satu anggota keluarga Bapak Eko melihat adanya kepulan asap yang berasal dari kios warung kelontong milik beliau yang menempel dengan rumah,”jelasnya.

Pada saat kejadian, kata Joko, terdapat beberapa tabung gas elpiji dan barang barang yang mudah terbakar, disertai dengan angin kencang.

“Sehingga dengan cepat api membakar seluruh bangunan dan isi kios,”tandasnya.

Setelah peristiwa itu, Joko mengungkapkan jajaran Babinsa, Babinkamtibmas,aparat desa dan waga masyarakat sekitar bergotong royong melaksanakan pemadaman secara manual sambil menunggu damkar dari PLTU.

“Pada Ahad pagi, sekitar pukul 04.00 WIB, secara keseluruhan api sudah dapat dipadamkan,”ujarnya.

Joko menjelaskan tak ada korban akibat kebakaran tersebut, namun bangunan rumah beserta seluruh isinya terbakar.

“Isinya meliputi perabotan, perhiasan emas, surat surat berharga serta seluruh isi kios habis terbakar, kerugian diperkirakan sekitar Rp200 juta,”jelas Joko.

Kejadian tersebut, kata Joko murni diakibatkan dari hubungan arus pendek, sehingga dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan mengecek instalasi listriknya.

“Diharapakan kepada masyarakat untuk waspada dan selalu mengecek terhadap sambungan instalasi listrik di rumah masing-masing untuk meminimalisir kejadian kebakaran yang diakibatkan kerena hal sepele,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan