Satgas COVID-19 Pacitan Pikirkan Bikin Gerakan Nasbung atasi Dampak Corona

oleh -13312 views
Juru Bicara Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Sudah saatnya satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, untuk lebih fokus melakukan jejaring pengamanan sosial, ditengah krisis ekonomi masyarakat sebagai dampak pandemi global COVID-19.

Dalan keterangan persnya, juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, saat ini untuk urusan kesehatan, setidaknya sudah bisa teratasi.

Meskipun dari sisi anggaran maupun sarana dan prasarana masih sangat congkrang.

“Justru saat ini bagaimana kita lebih fokus menangani dampak ekonomi masyarakat, yang sudah mulai terpuruk akibat wabah COVID-19,” ujarnya, Selasa (7/4).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika tersebut, berapa ribu warga pemudik yang saat ini kehilangan pekerjaan.

Belum lagi pekerja dan pengusaha kecil di Pacitan yang harus gulung tikar gegara wabah virus SARS-CoV-2.

“Kasus ini yang harus kita pikirkan bersama. Minimal bagaimana kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi. Atau setidaknya, mereka bisa makan kenyang setiap harinya,” tutur Rachmad.

Sekarang ini, gugus tugas bidang perekonomian tengah menyusun skenario untuk mengatasi dampak ekonomi dan sosial masyarakat.

Bahkan pemikiran pembagian nasi bungkus (nasbung) sempat menjadi alternatif.

“Kalau kita ada gerakan nasbung, kan warung-warung kecil bisa kembali berdaya. Sehingga akan ada multiplayer effects dari pemikiran ini nantinya,” pungkas Rachmad.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan