PSCI Temukan Dua Sumber Air Alami di Dalam Goa di Pacitan untuk Atasi Kekeringan

oleh -555 views
Salah satu titik air alami di dalam goa di Pacitan. (Foto: Dok PSCI)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabar baik untuk Pacitan. Ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang tengah melanda Indonesia, Pacitan Speleologi Club Indonesia (PSCI) menemukan dua sumber mata air di dalam goa di dua desa di Pacitan.

Dua desa dengan penemuan dua mata air alami di dalam goa tersebut adalah Desa Dersono Kecamatan Pringkuku dan Desa Sekar, Kecamatan Donorojo.

Assabirin, salah satu anggota PSCI mengatakan dua sumber mata air tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kekeringan yang melanda Pacitan setiap tahun, khususnya di wilayah Kecamatan Pringkuku, Kecamatan Punung dan Kecamatan Donorojo.

“Untuk titik kami sudah menemukan dua sumber air yang bisa di manfaatkan untuk air baku, yaitu di Desa Sekar Kecamatan Donorojo dan Desa Dersono Kecamatan Pringkuku, namun untuk koordinat masih kami rahasiakan,”ujarnya kepada Pacitanku.com, Ahad (5/4/2020).

Menurut Assabirin, setelah wabah COVID-19 selesai nanti, Pacitan masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, yaitu kekeringan yang menjadi bencana tahunan ketika memasuki musim kemarau.

“Kami PSCI punya solusi mas. Dengan pendataan seluruh Pacitan dan mengetahui potensi potensinya. Insya allah teratasi mas, untuk kekurangan air itu, salah satunya dua sumber mata air di dalam goa di dua desa tersebut,”jelasnya.

Assabirin berharap, dengan ditemukannya dua sumber mata air di dalam goa tersebut, menjadi salah satu solusi kekeringan di Pacitan, sehingga tidak perlu melakukan pengeboran.

“Kami memiliki harapan untuk mengatasi kekeringan di wilayah Pacitan. Tidak perlu mengebor karena memanfaatkan lorong lorong goa vertikal bisa untuk mengangkat sumber air nya.  Jadi optimis ada harapan  untuk mengatasi kekeringan yang setiap tahun melanda di tiga kecamatan tersebut,”pungkasnya.

Sebagai informasi, PSCI sendiri yang beralamatkan di Dusun Kebon, Desa punung, Kecamatan punung, Kabupaten Pacitan adalah organisasi yang bergerak di bidang bidang speleologi atau ilmu yang mempelajari goa.

Salah satu yang menjadi fokus PSCI, adalah pendataan potensi potensi sumber air yang ada di dalam goa untuk kepentingan masyarakat Pacitan.

Pewarta: Dwi Purnawan