Semua Elemen Gencarkan Disinfeksi Cegah Penyebaran COVID-19 di Pacitan

oleh -73 views
Pada Kamis (26/3/2020), tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid 19 Kabupaten Pacitan melakukan penyemprotan disinfektan serentak. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Semua elemen di Pacitan terus bersinergi untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pada Kamis (26/3/2020), tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid 19 Kabupaten Pacitan melakukan penyemprotan disinfektan serentak. Kegiatan ini merupakan tindakan nyata sebagai upaya mencegah dan meminimalisir penyebaran virus.

“Pandemi Covid-19 ini harus menjadi perhatian kita bersama” kata Wakil Bupati Yudi Sumbogo saat memimpin aksi penyemprotan disinfektan serentak, Kamis (26/03/2020) seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Gerakan ini sendiri terbagi dalam tiga tahap dengan lokasi dan sasaran berbeda. Dimulai kamis (26/3) penyemprotan fokus pada tempat tempat ibadah.

Berikutnya hari Jumat (27/3) menyasar sekolah atau tempat tempat pendidikan. Terakhir pada hari Sabtu (28/3) penyemprotan dilakukan di pasar, terminal dan tempat-tempat berkumpul masyarakat.

Upaya preventif ini melibatkan semua unsur mulai TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, OPD terkait serta organisasi masyarakat. Wakil Bupati sangat mengapresiasi kinerja seluruh komponen gugus tugas dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter, perawat, paramedis lain dan relawan.

Kepada seluruh masyarakat, Yudi Sumbogo berharap patuh untuk menerapkan social distancing dan tetap berada dirumah agar rantai penyebaran covid 19 dapat diputus.

Rumah Zakat Lakukan Disinfeksi di Ngadirojo

Relawan menyemprotkan cairan disinfektan di SDIT Tawakkal. (Foto: Istimewa)

Selain dari pemerintah, elemen lembaga sosial juga tak ketinggalan turut bersinergi melakukan disinfeksi. Pada Rabu (25/3/2020) kemarin, Rumah Zakat Pacitan menyemprotkan cairan disinfektan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tawakkal, Ngadirojo.

“Hari ini (kemarin, red) kami turut bersama melakukan aksi penyemprotan disinfektan, penyemprotan hari ini kami lakukan di lingkungan sekolah SDIT Tawakal ngadirojo, dan sekitarnya,”kata Relawan Inspirasi RZ , Dian Susana .

Dian mengatakan pihaknya juga akan melanjutkan aksi di wilayah Ngadirojo hingga beberapa hari kedepan dengan semaksimal mungkin.

Sementara, Kepala sekolah SDIT Tawakkal Ajar Siswoko mengapresiasi RZ telah menyemprotkan Disinfektan di Sekolah tersebut.“Tentu ini bagi kami sangat bermanfaat,”kata Ajar.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan