Pemkab Pacitan Lakukan Pengadaan Antisipasi Minimnya Masker dan APD Tenaga Medis

oleh -80 views
Ilustrasi masker wajah. (Foto: STR/AFP)

Pacitanku.com, PACITAN – Hampir semua puskesmas di Kabupaten Pacitan, miskin peralatan medis. Utamanya makser medis atau bahkan N95 nyaris tidak ditemukan. Yang lebih memprihatinkan lagi, selama ini tak satupun puskesmas yang memiliki alat pelindung diri (APD).

Sampai-sampai, dikabarkan ada sejumlah tenaga medis yang terpaksa memakai mantel atau jas hujan untuk menangani pasien. Bakan masker pun, mereka harus bergantian.

Menyikapi persoalan tersebut, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Pemkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro, menegaskan, kalau saat ini Dinas Kesehatan tengah melakukan proses pengadaan.

“Kalau masker, Insyaallah hari ini atau besok sudah datang,” kata Heru, Kamis (26/3/2020).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka mengatakan, kalau hari ini masker medis bantuan dari Pemprov Jatim sampai di Pacitan.

“Informasinya hari ini sudah dikirim. Tapi kapan sampainya, apakah hari ini atau Jumat besok, kita belum bisa memastikan,” terang dokter yang akrab disapa Hendra ini, secara terpisah.

Soal APD, lanjut dia, memang masih proses pengadaan.

“Semua biaya ditanggung Pemkab. Saat ini masih proses pengadaan. Mungkin pekan depan sudah ada di semua puskesmas,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan