Wabup Pacitan Resmi Hentikan CFD dan Kegiatan OPD yang Berpotensi Datangkan Massa

oleh -13390 views
Wabup Yudi Sumbogo saat rakor penanganan COVID-19 pada Senin (16/3/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, memastikan untuk menghentikan kegiatan car free day (CFD) selama darurat bencana nasional non alam, coronavirus disease (covid-19). Pernyataan ia sampaikan setelah melakukan rapat koordinasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD), Senin (16/3/2020).

Bukan hanya car free day, namun kegiatan-kegiatan OPD lainnya, seperti perlombaan-perlombaan yang berpotensi mendatangkan massa, untuk sementara agar dikurangi dan bila perlu dihentikan.

“Lebih baik olahraga ringan, degan menghindari kontak dengan banyak orang,” terang Yudi Sumbogo.

Namun begitu, untuk kawasan wisata, ia meminta untuk sementara waktu tidak dilakukan lockdown. Artinya kunjungan wisatawan tetap masih diperbolehkan.

Wabup juga meminta agar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, menyediakan desinfektan, sabun dan air mengalir untuk cuci tangan bagi para wisatawan.

“Objek wisata tetap dibuka, kami tidak melakukan lockdown,” harap Wabup.

Namun hal tersebut sepertinya kurang mendapat respon dari Kepala Disparpora, T. Andi Faliandra. Ia berpendapat, kalau pembebasan kunjungan wisatawan ke semua daerah tujuan wisata, akan berseberangan dengan surat edaran Gubernur Jatim.

“Kita masih tetap memedomani imbauan gubernur sebagai upaya antisipasi penyebaran coronavirus,” kata Andi.

Hingga berita ini ditulis, wartawan belum mendapatkan konfirmasi terkait kepastian lockdown dan tidaknya objek wisata di Pacitan dari kunjungan wisatawan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan