Ini Hasil Festival Karawitan Pelajar 2020

oleh -256 views
Festival Karawitan Pelajar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar festival karawitan pelajar 2020 untuk menyemarakkan Hari Jadi Pacitan tahun 2020 pada Senin (24/2/2020) kemarin di Pacitan di Pendopo Kabupaten.

Setelah melalui penilaian dari tiga dewan juri, masing-masing adalah  Ngabei Pujiani dari ISI Yogyakarta, Ki Hadi Sucipto dari ISI Surakarta dan Ki Sigit Setiawan dari ISI Surakarta, diperoleh hasil festival karawitan tersebut.

Festival tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori sinden terbaik, pengendang terbaik dan penyaji terbaik untuk tingkat SD, SMP dan SMA.

Peserta terdiri dari tingkat dasar sebanyak 11 peserta, tingkat SLTP 13 peserta serta SMA,MA dan SMK sebanyak 9 peserta. Kejuaraan diambil 3 penyaji terbaik, 3 sinden terbaik serta 3 pengendang terbaik.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Pacitan Bidang Sosial, Kemasyarakatan Dan Sumber Daya Manusia, Sumorohadi membacakan sambutan Bupati Indartato dalam Festival Karawitan Pelajar (FKP) Se-Kabupaten Pacitan di Pendopo Kabupaten, Senin (24/2/2020) kemarin.

Melalui Festival Seni Karawitan ini lanjut Sumorohadi, menjadi salah satu strategi melestarikan budaya. Selain menjadi wahana ekspresi olah kreasi dan prestasi dibidang seni karawitan. Upaya mengenalkan budaya sejak dini patut didukung dan terus dikembangkan agar regenerasi tidak putus.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, melalui dana APBD telah mewujudkan perangkat gamelan kepada 42 lembaga sekolah sepanjang 2015-2019. Dan akan bertambah 8 unit lagi sampai akhir 2020.

Berikut hasil lengkap Festival Karawitan Pelajar Pacitan 2020:

TINGKAT SD

Kategori Sinden Terbaik: (8) Putra Laras Kec. Bandar, (10) Puspita Laras Kec. Tegalombo, (11) Laras Peni Artati Kec. Donorojo

Kategori Pengendang Terbaik: (2) Siswa Laras Kec. Pacitan, (8) Putra Laras  Kec. Bandar, (10) Puspita Laras Kec. Tegalombo

Kategori Penyaji Terbaik; (2) Siswa Laras Kec. Pacitan, (8) Putra Laras Kec. Bandar, (10) Puspita Laras Kec. Tegalombo

TINGKAT SLTP

Juara Sinden Terbaik:

  1. Sanjaya Laras SMPN 3 Tulakan
  2. Laras Wiyata  SMPN 1 Punung
  3. Wiyata Budaya SMPN 1 Pringkuku

Juara Pengendang Terbaik:

  1. Angudi Laras Wiyata Mandala SMPN 1 Pacitan
  2. Putra Laras Arum SMPN 1 Arjosari
  3. Siswa Budaya SMPN 2 Tegalombo

Juara Penyaji Terbaik;

  1. Angudi Laras Wiyata Mandala SMPN 1 Pacitan
  2. Siswa Budaya SMPN 2 Tegalombo
  3. Putra Laras Arum SMPN 1 Arjosari

Tingkat SLTA

Juara Sinden Terbaik:

  1. Samekta Laras SMKN 2 Pacitan
  2. Dandang Gendis 271 SMAN 1 Pacitan
  3. Kusuma Djajar SMKN 1 Donorojo

Juara Pengendang Terbaik:

  1. Samekta Laras SMKN 2 Pacitan
  2. Dandang Gendis SMAN 1 Pacitan
  3. Thukluk Laras Arum SMKN Pringkuku

Penyaji Terbaik:

  1. Samekta Laras SMKN 2 Pacitan
  2. Dandang Gendis 271 SMAN 1 Pacitan
  3. Kusuma Djajar SMKN 1 Donorojo