BPBD dan Lintas Sektor Bikin Tanggul Darurat di Gayuhan Arjosari

oleh -13295 views
Kerja bakti membuat tanggul darurat di Gayuhan, Arjosari. (Foto: BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan bersama lintas sektor melakukan penanganan darurat dengan memasang tanggul darurat di lokasi titik tanggul jebol di Dusun Sidorejo, Desa Gayuhan, Kecamatan Arjosari, Pacitan.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Aswin Rika Wijaya saat dihubungi Pacitanku.com pada Selasa (4/2/2020) membenarkan pihaknya bersama sejumlah elemen menutup tanggul jebol tersebut dengan tanggul sementara dengan glangsing berisi pasir.

“Jadi memang benar, beberapa hari ini terjadi beberapa kasus bencana alam, yang pertama perlu kita ketahui yang terakhir itu Gayuhan, tanggulnya jebol, karena hujan intensitas air yang terlalu tinggi, pada tanggal 31 Januari, tanggal 1 Februari jam 10 pagi tanggulnya roboh, untuk itu BPBD bersama PU, BBWS Madiun, kecamatan dan desa, melaksanakan kerja bakti bersama hari senin, kita membangun tanggul darurat,”kata Aswin.

Selain itu, pada Senin (3/2/2020), Aswin mengatakan juga kembali digelar kerja bakti selama dua hari untuk menutup tanggul tersebut dengan glangsing atau karung berisi pasir. “Kerja baktinya dua hari, hari minggu, hari senin,”katanya.

Selain peristiwa tanggul jebol tersebut, Aswin menuturkan dalam beberapa hari di bulan Februari 2020 ini juga terjadi beberapa peristiwa bencana alam di Pacitan.

Salah satunya tanah longsor talud SDN 1 Sempu, Desa Sempu, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, ambrol.

Tak ayal, akibat peristiwa tersebut akses jalan dari Desa Sempu Menuju Desa Ngunut sempat tak bisa dilewati lantaran tertimbun material longsoran.

“Di awal Februari ada peristiwa talud roboh di tersebut, kemudian kita korodinasi dengan dinas PU, karena itu jalur PU, sudah koordinasi denan PU untuk pengerahan aat berat dan sudah diatasi dinas PUPR, jalan kembali normal,”pungkasnya.