Kadis Pertanian Pacitan: Waspada Serangan Virus Corona

oleh -148 views

Pacitanku.com, PACITAN –  Bukan hanya Dinas Kesehatan (Dinkes) yang melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap kemungkinan penyebaran corona virus. Namun Dinas Pertanian, Kabupaten Pacitan, juga melakukan hal yang sama.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan, Bambang Supriyoko, mengatakan, pihaknya juga selalu mengikuti arahan dan instruksi pemerintah pusat terkait upaya pencegahan penyebaran corona virus.

Hanya saja, Bambang berkeyakinan bila virus tersebut kecil kemungkinan tertular ke hewan/ternak yang jamak dipelihara masyarakat. “Kalaupun ada penularan, itu dari manusia, bukan dari hewan ke manusia,” kata Bambang, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (26/1/2020).

Namun begitu, sebagai organisasi perangkat daerah yang memiliki tugas pokok dan fungsi terkait kesehatan hewan, Bambang tetap melakukan langkah-langkah antisipasi.

Sebagai contoh melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan peliharaan secara periodik. Juga melakukan pengawasan terhadap hewan yang masuk dari luar daerah.

“Insyaallah sejauh ini masih aman di Pacitan. Namun kita tetap waspada,” tegas mantan Kepala Dinas Perhubungan ini.

Pada kesempatan yang sama Bambang juga meminta agar pewarta melakukan konfirmasi ke Bidang Kesehatan Hewan, agar didapat Informasi yang lebih lengkap.

Akan tetapi, Agus, Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, belum bisa dimintai keterangan. Sebab ponsel yang bersangkutan tidak aktif.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan