Kunjungi Pacitan, Mendes PDTT Ingatkan Penggunaan Dana Desa untuk Warga

oleh -13610 views
INGATKAN DANA DESA. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Wabup dan Wakil Ketua DPRD mengunjungi Pacitan pada Kamis (16/1/2020). (Foto: Agus Hermawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengunjungi Kabupaten Pacitan pada Kamis (16/1/2020).

Kunjungan pria yang merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini digelar di Balai Desa Sirnoboyo, Jalan KA Petung nomor 62 Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut, Halim sempat menyinggung soal pengelolaan dana desa, yang harus dikelola dengan baik dan benar.“Sebab maju mundurnya sebuah daerah, ujung tombaknya adalah kepala Desa,”kata Halim.

Halim mengatakan, dana desa harus diolah dengan swakelola. Dimana, kata Halim, 30 persen dari anggaran pembangunan infrastruktur harus disisihkan.

“Disisihkan untuk upah pekerja yang merupakan warga desa setempat, sehingga dengan demikian ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian warga juga,”katanya lagi.

Terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Halim juga meminta pengelola bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Secara khusus, Menteri Halim mengagumi Pacitan yang merupakan daerah yang kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDA).

“Hingga saat ini  Kabupaten Pacitan masih menjadi daerah Nelayan, Selain itu, banyak potensi seperti pertambangan, pariwisata, dan bahkan sumber daya alam lainnya di daerah ini yang bisa dikelola. Kita punya hampir semuanya di daerah Kabupaten pacitan, yang kita tidak punya atau masih kurang adalah pendanaan untuk memaksimalkan potensi itu,”jelasnya.

Selain itu, Halim juga mengapresiasi kerja pelayanan masyarakat Bupati dan Wakil Bupati Pacitan. “Bupati dan Wakil Bupatinya sangat energik. Saya yakin dengan kemampuan beliau, Kabupaten akan menjadi Kabupaten  yang maju,”kata kakak kandung Anggota DPR RI Muhaimin Iskandar ini.

Sementara, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dalam kesempatan tersebut menyebut kedatangan Menteri ke daerah itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seluruh jajaran pemerintah dan elemen masyarakat yang ada di daerahnya.

“Ini adalah suatu kebahagiaan bagi kami Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Pacitan. Sebab, dengan kedatangan pak Menteri ini, tentunya diharapkan bisa memberikan arahan dan beberapa keberkahan bagi daerah dan desa – desa kita yang saat ini sementara lagi giat-giatnya membangun desa,”kata Yudi Sumbogo.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan