Wabup Pacitan: Pemerintahan yang Baik Harus Dibangun Melalui Tiga Pilar

oleh -237 views
Wabup Yudi Sumbogo saat menerima Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dari Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengatakan pemerintahan yang baik harus dibangun melaui tiga pilar utama.

Ketiga pilar tersebut yakni  Pertama, menciptakan masyarakat sehat. Kedua, menciptakan masyarakat pandai. Ketiga, melakukan evaluasi internal secara menyeluruh sebagai pemerintah dalam menciptakan daya beli yang tinggi  demi keberhasilan pencapaian tujuan Pemerintah.

Wabup Yudi Sumbogo mengatakan hal itu saat menerima Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Selasa (14/01/2020) di Kabupaten Pacitan.

Acara tersebut juga dihadiri Guru Besar UNS Prof. Dr. Pronoto, M.Sc dalam mendampingi para mahasiswanya.

Wabup Yudi Sumbogo menjelaskan, dengan adanya perencanaan, pelaksanaan dari ketiga pilar tersebut, tentunya tidak mudah, mengingat Kabupaten diujung selatan Jawa Timur ini bukan daerah surplus.

“Kemampuan APBD kita ini terbatas, sehingga memerlukan upaya yang serius dalam mencari sumber – sumber pembiyaan dari luar,” kata Yudi Sumbogo.

Dengan adanya pertemuan ini, pihak pemerintah Kabupaten (Pamkab ) berharap, dengan tujuan untuk menciptakan dari ketiga pilar bisa terwujud.

Yang menjadi perhatian Yudi Sumbogo selama ini dalam penanggulangan kemiskinan, tentunya membutuhkan penanganan yang tidak hanya terpaku dalam satu sektor, tetapi harus ada terobosan baru  serta usaha inovatif agar penanganya lebih tepat sasaran.

“Saya minta Pak Kades dan adik – adik mahasiswa, duduk  bersama, bersinegi, berdiskusi dalam memajukan desa,”kata Yudi Sumbogo.

Sementara, Guru Besar UNS, Pranoto ikut menyampaikan, menurutnya acara KKN ini manjadi kesempatan bagi para Mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat sekaligus mampu mengembangkan potensi  wilayah setempat.

“Besar harapan kami, KKN para mahasiwa yang ke 12 dalam 6 tahun terakhir, yang d tempatkan di wilayah kecamatan Tegalombo, sebanyak 80 mahasiswa tentunya akan berbaur di 8 desa antara lain Desa Kebondalem, Gedangan, Gemaharjo, Pucangombo, Tahunan lama dan baru, Ngreco dan Desa Tegalombo, Sekiranya bisa bermanfaat dan berfungsi bagi daerah masing – masing,” kata Pranoto.

Pewarta: Agus Hermawan
Sumber: Humas Pemkab Pacitan