Okupansi Hotel di Pacitan Turun Usai Liburan Natal dan Tahun Baru

oleh -431 views
Hendra Saputra, salah seorang receptionis disalah satu hotel kenamaan di Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Tingkat okupansi atau jumlah unit yang terpakai atau tersewakan hotel di Pacitan usai liburan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 kembali turun.

Jika selama libur Natal dan tahu baru lalu mereka kebanjiran tamu, tapi belakangan ini tingkat okupansi semakin menurun. Bahkan tak jarang sejumlah hotel di Pacitan yang hanya menjual kamar kosong tak berpenghuni.

Hendra Saputra, salah seorang resepsionis di salah satu hotel kenamaan di Pacitan mengatakan, sudah hampir sepekan lebih hotel tempatnya bekerja sepi kunjungan.

Menurut Hendra, kondisi tersebut sangat jauh berbeda dari beberapa pekan sebelumnya. Terutama saat libur Natal dan tahun baru lalu. Hendra mengaku sempat menolak beberapa pesanan, lantaran kamar sudah penuh terisi.

“Tapi sekarang ini, kosong melompong mas (pewarta-red). Kalaupun ada, paling hanya tamu loper yang sudah langganan sejak lama. Untuk wisatawan, hampir bisa dipastikan jarang ada,” keluh Hendra, Selasa (14/1/2020).

Menurut dia, sepinya okupansi tersebut kemungkinan lebih dipengaruhi persoalan ekonomi masyarakat. Selain itu, bencana alam juga menjadi penyebab sepinya kunjungan ke Pacitan.

“Sama seperti tahun 2017 lalu. Ketika di Pacitan terjadi bencana banjir, okupansi hotel merosot tajam. Bahkan hampir selama sebulan, tak ada tamu yang menginap disini,” cerita Hendra.

Bapak satu anak ini berharap, semoga kunjungan wisatawan ke Pacitan kembali menggeliat. Tentu hal tersebut akan menjadi harapan bagi pengusaha hotel dan penginapan. “Ya kalau tamunya banyak, rejeki juga banyak Mas,” tuturnya berkelakar.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan