Gandeng Pemuda, Sartono Siap Majukan Pariwisata Pacitan

oleh -13589 views
KEMBANGKAN PARIWISATA. Anggota DPR RI Sartono Hutomo menjadi pembicara dalam Ngopi, Senin (23/12/2019). (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota DPR RI Sartono Hutomo akan menggandeng para pemuda di Pacitan untuk memajukan sektor pariwisata di daerah tersebut. Hal tersebut disampaikan Sartono saat menggelar agenda Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi) bersama lintas komunitas pada Senin (23/12/2019) di Kampung Pacitan, Jalan WR Supratman, Pojok, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Menurut Sartono, saat ini para pemuda memiliki kelebihan, utamanya dengan adanya gadget untuk membantu promosi di sektor pariwisata.

“Jika hari ini saya menyebutnya generasi melenial dengan segala kecanggihan teknologi dan informasi kalu saya ini generasi kolonial yang mencoba milenial, namun saya tidak mau kalah. saya aktif bersosial media, baik di twitter dan instagram dengan para generasi muda yang aktif membagikan tentang Pacitan,”kata Sartono.

Lebih lanjut, legislator Partai Demokrat ini mengatakan dengan adanya era media sosial, tentu menjadi hal yang lebih mudah, utamanya dalam mempromosikan pariwisata di kampung halaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Baca juga: Sartono Menggelar “Ngopi” Bertema Pariwisata Bersama Lintas Komunitas di Pacitan

“Anak muda milenial itu hanya butuh penghargaan, ya ayolah kita hargai apa salahnya jika hanya like, membalas komentar, membagikan pada dunia apa itu Pacitan,”tandasnya.

Sementara, praktisi media sosial Dwi Purnawan juga mengajak segenap generasi muda untuk menggunakan sosial media secara lebih bermanfaat, salah satunya adalah dengan membantu promosi pariwisata melalui sosial media.

“Yuk generasi muda mulai dengan gadgetnya, kita cuma tinggal membuat akun, share foto maupun video, maka jika hari ini dikatakan generasi milenial, generasi yang tanpa batasan ruang, jarak dan waktu kita bisa membangun Pacitan,”tandas dia.

Dwi kemudian mencontohkan salah satu efek positif promosi melalui media sosial yang dilakukan oleh SBY dan Ibu Ani Yudhoyono saat itu.

“Saat itu sekitar tahun 2013, sebelum Pantai Klayar terkenal seperti sekarang ini, almarhumah Ibu Ani bersama Pak SBY berkunjung ke Klayar, bu Ani yang merupakan sosok Key Opinion Leader (KOL) yang mampu menggerakkan followersnya, memposting foto bersama keluarga di Instagram,  dan apa yang terjadi,  masyakat Indonesia melihat pantai klayar luar biasa, semakin dikenal, disinilah peran media,”jelasnya.

Dalam kegiatan bertema pengembangan pariwisata tersebut, juga dihadiri narasumber dari konsultan hukum Pacitan, Danur Suprapto. Dalam paparannya, Danur mengatakan perlunya berbagai lintas komunitas untuk bersinergi dalam membantu pengembangan sektor kepariwisataan di Pacitan.

Acara “Ngopi” tersebut diikuti sejumlah peserta dari berbagai komunitas, diantaranya komunitas media dan pewarta Pacitan, komunitas perantau Pacitan yang tergabung dalam ARPAC, komunitas pemuda Pacitan, aktivis kampus dari BEM STKIP PGRI Pacitan dan karang taruna.

Pewarta: Putro Primanto