Pemkab Harapkan Pegiat Medsos Terus Promosikan Wisata Pacitan

oleh -13760 views
Kepala Disparpora Pacitan T Andi Faliandra dalam kegiatan temu sapa pegiat medsos “Pacitan Tourism Influencer” pada Kamis (5/12/2019) di Kip-kop Café Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan mengharapkan para influencer dan pegiat media sosial di Pacitan terus aktif mempromosikan wisata Pacitan.

“Kami mengajak dan mengharapkan untuk terus aktif mempromosikan kepariwisataan daerah,”kata Kepala Disparpora Pacitan T Andi Faliandra dalam kegiatan temu sapa pegiat medsos “Pacitan Tourism Influencer” pada Kamis (5/12/2019) di Kip-kop Café Pacitan.

Andi mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan intensitas event di Pacitan untuk meningkatkan kunjungan wisata di kampung halaman Presiden ke-6 RI SBY tersebut.

“Disparpora ingin siapkan banyak event tahun depan, Disparpora akan segera me-launching kalender event untuk tahun 2020. Dengan bentuk kegiatan festival diperbanyak,”ungkapnya.

Sebagai contoh, Andi menuturkan pihaknya ingin mengadakan festival di Monumen Jenderal Soedirman (Mojensu) di Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan.

“Kegiatan dua hari satu malam, diadakan dua tahun sekali. Pada pagi harinya diadakan semacam tapak tilas gerilya, dan malamnya kethek Ogleng dengan konsep yang lebih segar dan baik serta pameran UMKM,”tandasnya.

Pada tahun  ini, Andi mengatakan pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan penutup akhir tahun dengan beberapa kegiatan pameran UMKM hingga konser musik.

“Untuk tahun ini (bulan ini) sebagai acara penutup tahun diadakan event pada tanggal 29-31. Berisi pameran UMKM, pentas seni, kegiatan religius, kethuk kenang, lomba foto, serta konser music,”katanya lagi.

Untuk target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata, Andi memaparkan saaat ini sudah terealisasi Rp10,4 miliar dari target yang dicanangkan sebesar Rp12,2 miliar. “Sementara target  kunjungan sebanyak 2,3 juta dan terealisasi 1,475 juta pengunjung setiap tahun,”ujar Andi.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Andi ini juga menyadari pentingnya peranan influencer dalam mempromosikan wisata di Pacitan. Sehingga dia mengajak untuk terus memberikan ide pengembangan pariwisata.

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyadari pentingnya peran teman-teman influencer, media serta komunitas dalam meningkatkan pariwisata daerah, juga mengajak teman- teman media untuk lebih berperan aktif dengan memberikan ide-ide ke Disparpora,”jelasnya.

Untuk memfasilitasi pegiat media sosial dan influencer, Andi juga berjanji akan terus memperbaiki fasilitas yang dibutuhkan guna menunjang promosi wisata melalui kanal digital.

“Kami berjanji secara bertahap akan melengkapi dan memperbaiki fasilitas yang dibutuhkan teman teman influencer media sosial, diawali dengan memaksimalkan Tourism Information Center (TIC),”pungkasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut para pegiat media sosial, perwakilan dari komunitas seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan, Komunitas Fotografi Indonesia (KFI), Komunitas Lensa Indie Pacitan (KLiC), pegiat wisata, para fotografer dan komunitas kethek ogleng.

Pewarta/Foto: Sulthan Salahuddin
Penyunting: Dwi Purnawan