BPSMP Sangiran Bawa “Manusia Purba Homo Erectus” ke Pacitan

oleh -131.015 views
BPSMP Sangiran, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia menggelar pameran koleksi purbakala di Gedung Karya Dharma. (Sumber Foto: BPSMP Sangiran)

Pacitanku.com, PACITAN – Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia menggelar pameran koleksi purbakala di Gedung Karya Dharma, Pacitan sejak Senin (25/11/2019) hingga Jumat (29/11/2019).

Dalam pameran yang dibuka oleh Bupati Pacitan Indartato tersebut, koleksi yang ditampilkan menceritakan kisah Sangiran sejak menjadi laut hingga berubah menjadi daratan dengan berbagai materi pelengkapnya.

Dari koleksi dan pelengkapnya itu, dihadirkan patung rekontruksi Keluarga Homo erectus yang menjadi yang menarik bagi para pengunjung.

Patung rekonstruksi ini menggambarkan sesosok pria tangguh yang menghadapi berbagai halangan dan rintangan dalam kehidupan. Dengan menggenggam sebuah kapak perimbas berusaha berburu dengan berbagai bahaya yang menghadangnya.

Melengkapi sesosok pria tangguh, ada juga seorang ibu yang sedang memegang daging untuk dimakan. Sebuah sosok yang mampu mengolah makanan untuk keluarganya, seorang ibu yang mampu menjaga dan menyajikan makanan untuk keluarganya. Selain itu terdapat sosok seorang anak kecil yang tampak sedang bermain dengan ceria. Inilah mereka “Keluarga Homo erectus.”

Mereka bukan saja menjadi pemanis bagi koleksi yang ditampilkan tapi juga banyak menjadi obyek foto bersama pengunjung. Dia menjadi penarik bagi pengunjung untuk berfoto bersama, merasakan kembali kerasnya hidup kala Homo erectus berjaya di Sangiran.

Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran Iwan Setiawan mengungkap tujuan menghadirkan patung rekonstruksi Keluarga Homo erectus.

“Kami ingin menghadirkan sosok manusia purba di Pacitan sehingga “Keluarga Homo erectus” sengaja kami bawa. Hal ini guna memberi informasi pada pengunjung, kami ingin mengisahkan bahwa manusia hidup berkelompok dan keluarga menjadi kelompok pertama yang hadir pada manusia,”katanya, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Kemendikbud RI, Kamis (28/11/2019).

Menurut Iwan, BPSMP Sangiran memberikan kesempatan itu dalam Pameran Purbakala di Pacitan guna memberi informasi dan pengetahuan.

“Dengan menampilkan patung rekontruksi Keluarga Homo erectus ini, diharapkan dapat mengisahkan perjalanan masa lalu manusia purba di Sangiran. Dengan mengenal perjalanan masa lalu manusia purba di Sangiran diharapkan mampu memberi sebuah pembelajaran secara sederhana,”pungkasnya.

Sumber: Kemendikbud RI