229 Regu Semarakkan Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing 2019

oleh -429 views
Agenda dua tahunan gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing kembali digelar pada Jumat (8/11/2019). (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda dua tahunan gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing kembali digelar pada Jumat (8/11/2019). Agenda tahun 2019 ini sendiri diikuti 229 regu dari berbagai instansi di Pacitan dengan menempuh jarak 26 kilometer.

Selain antusiasme para peserta, sambutan warga menyaksikan event menyambut hari pahlawan ini juga sangat besar.

Pantauan Pacitanku.com di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan Nampak dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan tim mengikuti lomba tersebut.

“Ya, mas kami dari kota datang ke Pos 1 di desa Dadapan untuk menonton tim kami yang sedang gerak jalan,”kata Rendra, salah satu masyarakat yang menonton agenda tersebut.

Sementara, ditemui di lokasi terpisah, salah satu peserta palagan tumpak rinjing, Hendri Susanto menyampaikan  butuh perjuangan untuk mencapai garish finish.

Di temui di lokasi berbeda salah satu peserta yang tiba di garis finish titik 0 kilometer Pacitan, Hendri Susanto mengatakan perjuangan mencapai tahap akhir palagan tumpak rinjing. “Alhamdulillah butuh perjuangan untuk sampai di garis finish,”jelasnya.

Agenda dua tahunan ini sendiri dimulai di depan Kantor Kecamtan Pringkuku, dilanjutkan menuju ke jalur Pacitan-Solo di Desa Dadapan menuju ke monument tumpak rinjing.

Kemudian dilanjutkan menuju ke wilayah Jalan WR Supratman Kelurahan Sidoharjo, menuju ke JLS Desa Kembang dan Sirnoboyo, dilanjutkan menuju jalan Ki Ageng Petung Desa Arjowinangun dan berakhir di depan SMPN 1 Pacitan atai titik 0 kilometer Pacitan.

Sementara, dalam sambutannya Bupati Indartato mengatakan gerak jalan palagan Tumpak Rinjing dari berbagai unsur dan tingkatan usia.

“Kita hari ini ada karena hari kemarin. Ini (peserta gerak jalan) semangatnya luar biasa dalam rangka mengenang jasa para pahlawan,”katanya, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Bupati Indartato memberangkatkan gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing. (Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Indartato berharap, dengan terus mengenang para pahlawan kemerdekaan diharapkan dapat melecut motivasi masyarakat, khususnya pemuda, untuk mewujudkan cita-cita para pendahulu bangsa. Yakni mewujudkan masyarakat yang merdeka, adil, makmur, dan sejahtera.

Bupati berpesan agar masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Sebab hal tersebut menjadi salah satu modal keberhasilan pembangunan. “Dengan persatuan dan kesatuan kita tingkatkan kualitas kehidupan masyarakat,”ujar Indartato.

Sementara, Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) 45 Imam Haryono menyebut, untuk tahun ini jumlah peserta mencapai 229 regu, aik putra maupun putri dari berbagai kategori. Baik pelajar, umum, dan perseorangan.

Imam mengatakan event ini digelar untuk mengenang aksi heroik para pejuang kemerdekaan saat menghadang iring-iringan pasukan Belanda di Tumpak Rinjing, Desa Dadapan, Pringkuku tahun 1949. Pada saat itu, sebanyak 10 orang pejuang gugur.