Dua Runners dari Gunungkidul Raih Juara Pacitan Beach Run 10K

oleh -445 views
Semarak Pacitan Beach Run 10K yang digelar pada Sabtu (5/10/2019) di kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan. (FOTO: Dok Pacitan Runners)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua pelari atau runners dari Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta berhasil meraih juara pertama dalam gelaran Pacitan Beach Run 10K yang digelar pada Sabtu (5/10/2019) di kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Dua pelari dari Gunungkidul yang meraih juara 1 tersebut adalah Amri Wahyudin G yang mencatatkan waktu 36:12:79 untuk kategori umum putra. Sementara untuk kategori putri, runners atas nama Alissa Rachel Chrystalin juga mencatatkan wakt tercepat dengan waktu 51:55:99. Kedua runners tersebut tergabung dalam “Gunungkidul Runners.”

Selain dua pelari tersebut, hasil lainnya untuk kategori umum putra adalah Chamit Nur Cholis dari Reyog Runners berada di posisi kedua kategori umum putra dengan waktu 37:04:33, dan Ruslan dari Kartasura, Jawa Tengah berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 37:34:01.

Sementara untuk kategori umum putri, juara 2 berhasil diraih oleh Rini Septian dari Reyog Runners dengan catatan waktu 56:44:53. Sedangkan juara 3 diraih oleh Shinta Nur Arivah  dari SMKN Ngadirojo dengan catatan waktu 1:00:04:27.

Chairul Umam, salah satu panitia Pacitan Beach Run 10k dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Kamis (9/10/2019) menuturkan agenda ini bertujuan menarik minat kunjungan wisata di Kabupaten Pacitan melalui olahraga petualangan dan tantangan.

“Salah satu yang menyita perhatian dari event yang diselenggarakan mulai tanggal 4 sampai 6 Oktober 2019 adalah Pacitan Beach Run 10K yang diselenggarakan oleh Pacitan Runners sebagai komunitas lari di Pacitan,”jelasnya.

Untuk jalur yang dilalui, Umam mengatakan memiliki jarak sejauh 10 Kilometer, meliputi trek pasir di area start dan finish, trek tanah dan jalan raya.

“Dimana di tiap-tiap persimpangan dijaga oleh marshal yang dibantu oleh pihak kepolisian. Selain itu untuk men-charge tenaga dan menunjang performa para pelari, disediakan water station yang menyediakan air minum di dua titik yang dilalui dan juga tim medis yang siap siaga memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan yang menimpa peserta,”ujar pria yang aktif dalam komunitas “Pacitan Runners” ini.

Lebih lanjut, Umam mengatakan total peserta dalam agenda tersebut berjumlah 300 orang, baik putra maupun putri mulai anak-anak SD sampai orang tua dengan sangat antusias turut serta menyemarakkan Pacitan Beach Run 10K ini.

“Selain peserta lokal, sebagian besar peserta justru datang dari berbagai daerah sekitar diantaranya, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Ngawi, Magetan, Surabaya, malang, Wonogiri, Gunung kidul, Jogja, Magelang dan Kota Surakarta,”katanya.

Selain memperoleh hadiah uang pembinaan bagi para juara, Umam mengatakan untuk 150 finisher pertama yang terdiri dari 125 putra dan 25 putri, berhak memperoleh medali finisher.

Sebagai event lari pantai perdana di Pacitan, Umam mengatakan Pacitan Beach Run mendapatkan sambutan dan tanggapan yang luar biasa baik dari para peserta, sponsor maupun dari pemerintah.

“Hal ini membuktikan bahwa Pacitan bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi olahraga tantangan dan petualangan berbasis wisata berskala nasional maupun internasional, khususnya dalam cabang olahraga lari,”pungkasnya. (RAPP002)