Jelajah Panorama Keren Sungai Maron, Amazonnya Indonesia

oleh -540 views
Muara Sungai Maron yang dimanfaatkan untuk Lomba Dayung Ngiroboyo. (Foto : Doc. Pacitanku)
Tempat Wisata Pacitan, Muara Sungai Maron yang dimanfaatkan untuk Lomba Dayung Ngiroboyo. (Foto : Doc. Pacitanku)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Apakah Anda pernah tahu Sungai Amazon? Sungai yang terkenal dengan kekayaan ragam flora dan faunanya tersebut merupakan sungai yang membentang di beberapa Negara di Amerika Selatan.

Ternyata Indonesia juga memiliki salah satu sungai yang mirip dengan sungai Amazon, lengkap dengan sungai dengan kelokan alur dan kelebatan hutan disekitarnya. Namanya sungai Maron. 

Sungai ini adalah sungai yang masih alami yag terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai Maron mengalir bermuara menuju Pantai Ngiroboyo yang sudah masuk di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Untuk tiket masuk ke sungai ini per tahun 2019 ini adalah Rp 5 ribu saja.

Yang cukup unik dari sungai ini adalah panorama dan kebeningan air sungainya yang memanjakan mata. Pemandangan di sepanjang sungai berdiri pohon kelapa dan pohon jambu yang hijau dan asri dengan air sungai berwarna kehijauan yang menyegarkan.

Adapun, cara menikmati sungai ini, salah satunya adalah menyusuri sungai. Menyusuri Sungai Maron, pengunjung bisa menyewa perahu seharga Rp 100 ribu. Perahu ini nantinya bisa membawa pengunjung sebanyak  5-6 orang dan akan didampingi oleh drivernya.

sungai Maron. (foto : jennifer)
sungai Maron. (foto : jennifer)

Untuk diketahui, wisata Sungai Maron yang membentang sepanjang 4,5 km ini ditumbuhi pepohonan yang rimbun di kedua sisinya. Di sepanjang rute sungai Maron, Anda akan menyaksikan tumbuhan pohon kelapa yang banyak terdapan dan memanjakan mata.

Dari pohon kelapa dan beragam pepohonan besar lainnya tumbuh di sini. Sehingga daya tarik terbesar dari wisata Sungai Maron, adalah pengunjung seolah dibawa pada suasana seperti memasuki hutan Amazon di Amerika Selatan.

Selain seperti berasa berada di Amazon, bukit-bukit karang yang juga ada saat perahu hendak sampai di pantai seolah membuat pengunjung seperti berada di sekitar Phuket, Thailand.

Setelah menyusuri sungai sekitar 30 menit, Anda nantinya bisa menghabiskan waktu bermain air di Pantai Ngroboyo.

Nah, usai dari Ngiroboyo, Anda akan kembali diantar ke titik penjemputan awal yang terletak di Dermaga Maron. Bagaimana, asyik kan?

Oh iya, selama menyusuri sungai ini, pastikan Anda tetap menjaga kebersihan wisatanya ya. Jangan buang sampah sembarangan dan mari kita cintai Pacitan sepenuh hati.

Selamat menyusuri sungai Maron dan rasakan sensasinya.