HUT ke-74 TNI di Pacitan, Tekankan Kemanunggalan TNI-Rakyat untuk Persatuan Bangsa

oleh -271 views
Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-74 di halaman Makodim 0801/Pacitan. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-74 di halaman  Makodim 0801/Pacitan Jalan Letjed Suprapto Pacitan pada Sabtu (5/10/2019).

Dalam upacara peringatan HUT TNI ke-74 itu, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 0801 Pacitan, Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan,dan sebagai Komandan Upacara Kapten Kav Subari.

Rangkaian upacara diawali dengan penghormatan pasukan upacara kepada Inspektur upacara, mengheningkan cipta, pengucapan Saptamarga  dan dilanjutkan amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan.

Dalam amanatnya tersebut, Panglima TNI menyampaikan ucapan HUT ke-74 TNI kepada prajurit dan PNS TNI serta seluruh warga besar TNI.

Selain itu, Panglima juga mengatakan tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin perkembanganya kompleks.

“Dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru,kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang,”katanya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh prajurit agar memperkokoh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Tingkatkan soliditas TNI pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber Bhineka tunggal ika,”jelasnya.

Di akhir amanat, Panglima TNI mengatakan untuk menjalani  tugas secara iklas semata-mata untuk kepentingan bangsa dan Negara.

“Semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi setiap langkah pengabdian TNI bagi negara kesatuan Repuplik Indonesia yang kita cintai,”pungkasnya.

Ziaran ke TMP

Ziarah Nasional dan dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Jumat kemarin.

Sebelum peringatan puncak HUT ke-74 TNI, Kodim 0801/Pacitan mengadakan upacara Ziarah Nasional dan dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Jalan A Yani Pacitan Jawa Timur Jumat (4/10/19) kemarin.

Upacara Ziarah Nasional tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusalawitang.

Kegiatan diawali dengan penghormatan disusul hening cipta, peletakan karangan bunga, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam pahlawan dan diakhiri doa bersama.

“Kegiatan Ziarah Nasional ini sebagai wujud TNI untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan dan pejuang bangsa yang selalu rela berkorban baik itu harta benda hingga nyawa demi kemerdekaan kita semua. Disisi lain, ziarah juga bertujuan agar anggota TNI meniru sifat serta nilai-nilai patriotisme dan nasionalis para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur untuk memperjuangkan cita-cita Bangsa Indonesia,” kata Dandim.