World Clean Up Day, Puluhan Relawan Gelar Aksi Bersih Sampah Plastik di Pantai Buyutan

oleh -466 views
50 relawan dari berbagai organisasi di Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan bersih-bersih di Pantai Buyutan yang terletak di Desa Widoro

Pacitanku.com, DONOROJO – Tak kurang dari 50 relawan dari berbagai organisasi di Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan bersih-bersih di Pantai Buyutan yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan pada Sabtu (21/9/2019). Kegiatan ini digelar bertepatan pula dengan “World Clean Up Day (WCD) 2019.”

Wildan Nur Swi Harmoko, salah satu relawan dari Asosiasi Penggiat dan Pelaku Pariwisata Pacitan (AP3) mengatakan hasil dari bersih-bersih pantai dalam rangka WCD ini adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk kepedulian generasi muda terhadap lingkungan.

Dalam waktu sekitar satu jam, sekitar 50 kilogram sampah plastik berhasil dikumpulkan di kawasan pantai tersebut.“Sampah yang terkumpul sejumlah 50 kg sampah plastik dan 100 kg sampah non plastik,”ujarnya.

Rencananya, kata Wildan, pengelolaan sampah tersebut akan diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. “Kemudian pengelolaan sampah daur ulang diserahkan kepada pokdarwis pantai buyutan,”katanya lagi.

Dikomandani oleh pegiat lingkungan hidup Endriana Wahyu Alita, kegiatan tersebut diikuti relawan dari berbagai organisasi.

“Organisasi yang ikut berpartisipasi dalam rangka hari bebersih sedunia ini antar lain Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan, Pramuka SMK 2 Donorojo, Pramuka SMP N 3 Donorojo, Perwakilan AP3, KRI (komunitas relawan independen) Pacitan, Bhabinsa Desa Widoro,”pungkasnya.

Selain di Pantai Buyutan, aksi ini juga digelar di sejumlah titik di Pacitan secara serentak, diantaranya di kawasan Sungai Grindulu di Kecamatan Arjosari dan Tegalombo, di Panta Pancer Pacitan, dan di Pantai Taman, Kecamatan Ngadirojo.