Komunitas Masyarakat Pacitan Doa Bersama Sambut Tahun Baru Islam 1441 H

oleh -1.660 views
SURO DAMAI. Lokasi digelarnya agenda peringatan 1 Muharram di kawasan Pantai Pancer. (Foto; Agus Hermawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Komunitas masyarakat Pacitan yang tergabung dalam “Komunitas Penikmat Kopi Warung Maun” bersama sejumlah tokoh masyarakat akan mengadakan kegiatan doa bersama memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H di kawasan wisata Pantai Pancer Door Kelurahan Ploso, Pacitan pada Sabtu (31/8/2019) malam WIB.

Sejumlah tokoh masyarakat Pacitan direncanakan hadir dalam peringatan dengan tajuk “Suro Damai” tersebut, diantaranya adalah Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono.

“Hari ini (Sabtu malam-red) kita kumpulkan sekitar 75 orang dari seluruh elemen di kabupaten Pacitan untuk berikhtiar menyampaikan pesan guna mewujudkan Suro damai dalam acara tahun baru Islam 2019,” ujar Ronny Wahyono DPRD Pacitan disela pembahasan acara di salah satu warung makan di Pacitan, Sabtu (31/8/2019) siang.

Sejumlah panitia sedang mempersiapkan acara Suro Damai pada Sabtu malam. (Foto: Agus Hermawan)

Sementara, salah satu penyelenggara kegiatan tersebut, Sugiharto mengatakan agenda yang akan digelar pada Sabtu malam tersebut untuk menyambut acara Suroan dengan santai dan damai.” Harapan saya dengan acara ini, mohon dukungannya juga buat semua pihak agar bersama – sama mewujudkan suro damai,” tutur Sugik.

Berbagai kegiatan digelar, salah satunya doa bersama  yang semuanya bertujuan untuk mewujudkan kesatuan dan perdamaian. Selain itu, agenda ini juga bertujuan menjalin persaudaraan antar teman sekabupaten Pacitan dengan penuh kesadaran siap mendukung terciptanya situasi aman dan kondusif serta mewujudkan “Suro Damai 2019” di Kabupaten Pacitan.

Sementara, Jarot Mustofa  selaku panitia penyelenggara mengatakan acara tradisi Suro harus aman dan damai agar bisa memberikan nilai positif untuk kebersamaan.  Untuk kedepannya tradisi Suroan tersebut bisa diambil hikmahnya.

“Saya berharap acara suroan yang kita lakukan pada malam hari nanti bisa menjadikan sebagai ajang silaturohmi,”katanya.

Sementara, Zaenal Abror juga mengatakan bulan Suro adalah bulan yang baik dan hendaknya bisa diisi dengan kegiatan yang positif.

“Yang terpenting komitmen kebersamaan untuk membangun kedamaian, agar kegiatan tahun ini bisa berjalan lancar,”kata dia.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan