LMI Pacitan Gandeng Puskesmas Pringkuku Sosialisasikan Pencegahan Penularan Hepatitis A

oleh -223 views
CEGAH HEPATITIS. Kepala Puskesmas Pringkuku saat memberikan makanan tambahan untuk kesehatan. (Foto: Pacitanku)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Pacitan menggandeng Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pringkuku, Pacitan untuk menyosialisasikan pencegahan penularan penyakit hepatitis A di kawasan tersebut pada Rabu (24/7/2019) di Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pringkuku dr Hanik Subekti saat menyampaikan pemaparannya mengajak warga setempat untuk lebih peduli dengan kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat.

“Menjaga kesehatan harus diterapkan dalam hidup sehari-hari, terutama pola hidup bersih dan asupan gizi makanan,” kata dia.

Lebih lanjut, dr. Hanik mengatakan bahwa hidup sehat dapat dimulai dengan mencuci tangan setelah beraktivitas, terutama dari toilet. Hal tersebut dapat mengurangi risiko penularan penyakit termasuk hepatitis A.

Selain melakukan sosialisasi untuk warga, Laznas LMI Pacitan juga menyalurkan bantuan air bersih untuk meringankan warga yang kesulitan mendapat air akibat musim kemarau panjang di Kecamatan Pringkuku.

Data terakhir dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan pada Selasa (23/7/2019) menunjukkan total jumlah pasien penyakit Hepatitis A di Pacitan mencapai 1.150 orang di seluruh Kabupaten Pacitan.

Berbagai upaya penanganan juga terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan dan elemen masyarakat Pacitan untuk menanggulangi penyebaran penyakit hepatitis A yang masih bertatus Kejadian Luar Biasa (KLB) di Pacitan. (RAPP002)