UNY Sosialisasikan Pencegahan Penyakit Hepatitis A di Pacitan

oleh -260 views
Tim dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyosialisasikan pencegahan penyakit hepatitis A yang digelar bersamaan dengan agenda rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Pacitan pada Kamis (25/7/2019). (SRW/RAPP002)

Pacitanku.com, PACITAN – Pakar kesehatan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyosialisasikan pencegahan penyakit hepatitis A yang digelar bersamaan dengan agenda rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Pacitan pada Kamis (25/7/2019) di Gedung Karya Dharma, Jalan Jaksa Agung Suprato nomor 8 Pacitan.

Salah satu pemateri, Dr. drh Heru Nurcahyo, M.Kes dari UNY menyampaikan peran makanan dalam pencegahan penyakit Hepatitis A sangat berkaitan, pola hidup sehat adalah pencegahan paling utama. Dia mengungkapkan penyakit Hepatitis A atau dikenal dengan penyakit kuning adalah istilah untuk radang pada hati yang disebabkan oleh virus, racun, autoimmun, alkohol dan sebagainya.

“Gejala Hepatitis A pada umumnya akan menunjukkan gejala yang khas seperti bilirubin meningkat jumlahnya dalam jaringan, sehingga muncul warna kuning pada selaput mata dan lendir lainya serta cepet lelah, dan beberapa hal masuknya bibit penyakit antara lain telinga, saluran cerna, saluran nafas, mata dan saluran kelamin,”kata dia.

Lebih lanjut,Heru mengungkapkan diagnosa Hepatitis A berdasarkan standar baku emas dengan cara pengukuran KGD antara lain gejala fisik kekuningan pada selaput mata dan lendir kulit, ditemukan virus Hepatitis A dan terdapatnya bilirubin (warna empedu) diagnosa berdasarkan perjalanan penyakit.

Untuk itu, dia mengungkapkan pengobatan Hepatitis A harus rasional yaitu dengan pengobatan serta memulihkan stamina kesehatan fisik, obat medis dan obat herbal.

Heru mengatakan pencegahan Hepatitis A bisa dilakukan dengan vaksinasi Hepatitis A pada anak dan orang dewasa yang belum vaksin, makan makanan yang bergizi terutama karbohidratnya cukup dan bersih, tidak minum alkohol, banyak makan buah dan sayur, olahraga teratur serta menerapkan pola hidup sehat.

“Pedoman makanan sehat dan aman, makanan sehat sebagai sumber nutrisi, proseslah bahan makanan dengan sempurna, usahakan dalam penyajian menghindari pencemaran oleh agen penyakit seperti virus, bakteri dan jamur,”pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo saat menyampaikan sambutan Bupati mengatakan Pemerintah Kabubaten Pacitan sangat mengapresiasi kepada Dewan Ketahanan Pangan Pacitan dan UNY. “Utamanya mengedukasi masyarakat dalam pencegahan penyakit Hepatitis A dari aspek makanan atau konsumsi,”kata dia.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pacitan tengah menyelesaikan salah satu persoalan kesehatan yakni merambahnya penyakit Hepatitis A di Pacitan.

Hadir dalam kegiatan Rakor tersebut diantaranya Dandim 0801Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusalawitang, Sekda Pacitan Suko Wiyono, Kepala Dinas Pangan Kab Pacitan Bambang Supriyoko dan sejumlah camat di Kabupaten Pacitan. (SRW/RAPP002)