192 Tenaga Fasilitator Dampingi Program Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Bencana Pacitan

oleh -550 views
Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan Kegiatan Bantuan Rekonstruksi Pasca Bencana Sektor Perumahan di pendopo kabupaten, Senin (1/4/2019). (foto: humas)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan memastikan program rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana alam tahun 2017 di Kabupaten Pacitan terus berjalan.

Pada tahun 2019 ini, ada lebih dari 1.000 warga terdampak bencana bakal memperoleh bantuan yang dalam pelaksanaannya bakal mendapatkan pendampingan dari para fasilitator lapangan.

“Ini pekerjaan kemanusiaan, ini pekerjaan mulia,” ujar Bupati Indartato ketika membuka Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan Kegiatan Bantuan Rekonstruksi Pasca Bencana Sektor Perumahan di pendopo kabupaten, Senin (1/4/2019), seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Ada 192 orang tenaga fasilitator dilibatkan, yang berasal dari tiga bidang yang dibutuhkan selama pelaksanaan program. Yakni teknis, pemberdayaan, dan administrasi.

Adapun fasilitator tenaga teknis menempati porsi terbesar dengan jumlah 120 orang. Sedangkan sisanya berasal dari bidang pemberdayaan dan administrasi, masing-masing 36 orang.

Dikatakan Indartato, pelibatan fasilitator merupakan pengejawantahan dari misi pemerintah dalam tata kelola pemerintahan yang baik. Ditandai dengan adanya keterbukaan dan keterlibatan masyarakat.

Adapun, rekrutmen fasilitator sendiri merupakan bagian dari partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan. “Hasil pekerjaan nanti akan diekspos ke publik. Jadi bekerjalah sesuai aturan yang berlaku. Agar bantuan sampai ditangan yang tepat,” pesannya.

Untuk menyelesaikan dampak bencana alam dua tahun silam, Kabupaten Pacitan mendapat hibah dari BNPB untuk rekonstruksi rumah warga terdampak. Alokasinya sebanyak 1.820 unit. “Setelah proses verifikasi dan uji publik rampung, pelaksanaan fisik dimulai,” terang Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo. (Humas)