Indartato Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ikut Jaga Kelestarian Air

oleh
Indartato pada peringatan Hari Air Sedunia di Desa Karanganyar, Kecamatan Kebonagung, Jum’at (22/3/2019). (Foto: Humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM mengajak semua elemen masyarakat di Pacitan  ikut andil dalam menjaga dan melestarikan air, mengingat air merupakan kebutuhan pokok seluruh makhluk di dunia.

Hal itu dikatakan Indartato saat memberikan sambutan dalam peringatan hari air sedunia yang jatuh pada Jumat (22/3/2019).

Penanaman pohon buah dan bersih sungai di 10 desa di Kecamatan Kebonagung dilaksanakan jajaran pemda, dan Forkopimda serta melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk merangsang budaya sadar terhadap air dan sungai.

Setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian seluruh pemerintah dunia, yang pertama kebutuhan pangan, energi dan keberadaan air baik jumlah serta kualitasnya. Kondisi air utamanya disebabkan oleh lahan gundul dan sampah.

Indartato mengungkapkan pada tahun 2018 tercatat 50 ribu pohon ditanam di Kabupaten Pacitan, angka tersebut dapat tercapai dengan sinergi pemerintah bersama semua pihak termasuk swasta.  “Sehingga daerah tangkapan air khususnya berdiri pohon-pohon besar yang mampu menahan air pada saat musim kemarau,”ujar dia, seperti dalam siaran pers Diskominfo Pacitan.

Sementara, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pacitan yang mempunyai peran dalam peningkatan pelayanan air bersih diseluruh wilayah terus mendorong sumber mata air untuk tetap terjaga. Hingga saat ini buru 52% yang terlayani dengan baik.

“Sisanya belum dapat kita penuhi, karena faktor sebaran masyarakat dan investasi yang cukup besar,” ungkap Kepala PUPR Budiyanto (budi/anjar/riyanto/wira/DiskominfoPacitan)