Ini Hasil Festival Karawitan Hari Jadi Pacitan ke-274

oleh -480 views
Festival kerawitan pelajat tingkat SD/SMP/SMA-SMK/MA dan Lomba Geguritan tingkat guru PAUD berlangsung Senin (25/2/2019) hingga Rabu (27/2/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar Festival Karawitan dan lomba geguritan guru untuk menyemarakkan Hari Jadi Pacitan ke-274 tahun 2019.

Festival karawitan pelajat tingkat SD/SMP/SMA-SMK/MA dan Lomba Geguritan tingkat guru PAUD berlangsung sejak Senin (25/2/2019) hingga Rabu (27/2/2019) dan diikuti puluhan grup dan peserta dari berbagai wilayah kecamatan.

Bertindak sebagai dewan juri festival tersebut adalah Hadi Sucipto dan Nyi Ngabehi Pujiani dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Joko Winarko dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Bupati Indartato dalam sambutannya, Senin (25//2019) di Pendopo Kabupaten dalam festival tersebut mengatakan karawitan terus dijaga asanya agar tetap lestari. “Karena dengan seni hidup menjadi indah,”ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan, Selasa (26/2/2019).

Usaha pelestarian itu, kata Bupati, tidak harus terhenti karena alasan keterbatasan. Karenanya ia meminta agar para guru disekolah-sekolah menjadi teladan dalam usaha tersebut.

“Kita tingkatkan daya saing (seni dan budaya) dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sehingga seni kita tidak kalah dengan kabupaten lain ditingkat nasional,”jelasnya.

Untuk tingkat SD, karawitan dari Kusuma Panji Laras Kec.Tulakan SDN 1 dan 2 Jetak berhasil menjadi juara umum. Untuk kategori pesinden terbaik 1 diraih oleh Kusuma Panji Laras Tulakan, pesinden terbaik 2 Putra Laras Bandar dan pesinden terbaik 3 Dwija Budaya Ngadirojo.

Sementara, untuk kategori pengendang terbaik 1 tingkat SD adalah Ngudi Laras Tegalombo, terbaik 2 Kusuma Panji Laras Tulakan dan pengendang terbaik 3 Putra Laras Arum Arjosari.

Selain itu untuk Penyaji Terbaik 1 Ngudi Laras Tegalombo, penyaji terbaik 2 Kusuma Panji Laras Tulakan dan penyaji terbaik 3 Putra Laras Arum Arjosari.

Untuk tingkat Tingkat SLTA /SMA/SMK/MA, Thukluk Laras Arum SMKN Pringkuku berhasil meraih juara umum. Sementara kategori Pesinden Terbaik 1 diraih Arum Sekar SMKN Donorojo, pesinden terbaik 2 Thukluk Laras Arum SMKN Pringkuku dan pesinden terbaik 3 Siswa Budaya Laras SMAN Tulakan.

Sedangkan kategori Pengendang Terbaik 1 Tingkat SLTA /SMA/SMK/MA diraih Dandang Gendhis SMAN 1 Pacitan, terbaik 2 Thukluk Laras Arum SMKN Pringkuku dan terbaik 3  Samekto Laras SMKN 2 Pacitan.

Sementara, kategori Penyaji Terbaik 1 Tingkat SLTA /SMA/SMK/MA diraih Thukluk Laras Arum SMKN Pringkuku, terbaik 2 Dandang Gendhis SMAN 1 Pacitan dan terbaik 3 Arum Sekar SMKN Donorojo.

Untuk hasil SMP/MTs, informasi yang disampaikan Humas Pemkab hingga berita ini dipublikasikan lomba masih berlangsung. (Humas)