Pemkab Pacitan Fokus Bangun Infrastruktur Pariwisata di Pantai Pancer Door

oleh -751 views
Pantai Pancer Door.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat akan memfokuskan pembangunan infrastruktur pariwisata salah satunya di Pantai Pancer Door.

Kepala Disparpora Endang Surjasri dalam keterangannya seperti dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Minggu (13/1/2019) mengatakan fokus pembangunan pariwisata pada tahun ini salah satunya berpusat di pantai Pancer Door Pacitan.

Ada beberapa bagian infrastruktur di pantai tersebut yang akan terus diperbaiki, diantaranya mulai dari penataan dan pembangunan kios pedagang serta menyelesaikan rute jogging track.

Dia mengungkakan untuk pembagunan beberapa bagian tersebut, diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp3 miliar.

“Mengingat Pancer punya ombak yang bagus untuk para surfer, alamnya asri dan dekat dengan kota,”ujar dia.

Untuk diketahui, selain sebagai sarana wisata pantai, kawasan Pancer Door juga sering digunakan untuk sarana perkemahan dan juga untuk olahraga surfing.

Baca juga: [Video] Pantai Pancer, Tempat Alternatif Wisata Pantai Anda

Untuk Lokasi perkemahan, di pancer door pernah digunakan untuk kemah Nasional (Jambore Nasional), seluruh Praja Muda Karana se-Indonesia bergabung jadi satu di Pancer Door. Selain Pramuka, yang menggunakan pun banyak, misalnya PMR, Saka, Camp Pribadi, dan sebagainya.

Sedangkan di pantai bagian timur, terdapat muara sungai terpanjang di Pacitan, yakni sungai Grindulu yang biasanya digunakan sebagai tempat mancing. Di sebelah timur sungai terdapat tebing kapur, dan sejak tahun lalu, kawasan Pancer Door ini sudah termasuk menjadi kawasan geopark Pacitan, selain beberapa tempat lainnya.

Sementara itu di bagian utara, kita akan melihat perbukitan yang menjadi hulu sungai Grindulu. Di pantai ini juga terdapat daerah cukup lapang yang sepertinya enak bukan kemping. Namun, yang disayangkan bahwa kondisi pasir pantai ini kecoklatan dan di dekat aliran sungai dan termasuk daerah yang kotor karena tercemar sungai Grindulu.

Namun demikian, kebersihan pantai Pancer ini sering dikeluhkan. Pantai yang terletak di teluk Pacitan merupakan salah satu pantai yang sering menjadi tempat berkumpulnya sampah.

Hal ini dikarenakan teluk Pacitan yang merupakan muara dari sungai terbesar di Pacitan, Sungai Grindulu. Menjadi muara sungai yang mengalir membelah kota Pacitan, berarti pula menjadi tempat muaranya sampah. (RAPP002)