Pemkab Upayakan Terus Perbaiki Saluran Air di Pacitan

oleh -131.386 views
Kerja bakti membersihkan saluran air. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan terus berupaya melakukan perbaikan saluran air akibat bencana. Salah satunya adalah di Desa Jetis Kidul Kecamatan Arjosari.

“Pemerintah daerah akan mengupayakan memperbaiki lagi supaya yg udah dikerjakan bisa berfungsi kembali, sedangkan dari pihak masyarakat membersihkan saluran air” jelas Yudi Sumbogo saat meninjau langsung ke lokasi, hari ini, Kamis (03/01/2019) seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Dia mengatakan, dengan diperbaikinya saluran irigasi ini lahan sekitar 35 hektar di Jetis Kidul, 15 hektar di kedung Bendo dan 20 hektar di Mangunharjo bisa terairi dengan baik.

Saluran air untuk kebutuhan irigasi pertanian di tiga desa ini sudah sekitar setahun ini rusak tidak berfungsi akibat tertimbun longsor.

Saat ini, kata Yudi, Pemkab sudah membuat saluran air walau belum berfungsi karena ada beberapa titik yang tertimbun longsor. Sedangkan warga hari ini melakukan kerja bhakti untuk membersihkan saluran air dari sedimen longsoran.

Dalam kesempatan itu, Yudi bersama masyarakat di tiga Desa yakni Desa Mangunharjo, Kedungbendo dan Jetiskidul Kecamatan Arjosari melaksanakan kerja bakti membersihkan dan memperbaiki saluran irigasi sepanjang 2,5 kilometer yang tertimbun longsor dan sedimen akibat bencana banjir dan tanah longsor 2017. Saat peristiwa itu, sawah seluas 48 hektar setahun terakhir tidak dapat ditanami padi.

Upaya rekayasa akan dilaksanakan agar secepatnya air dapat mengaliri sawah, langkah sementara itu terpaksa dilakukan sebab Dinas terkait yang bertanggungjawab yaitu PUPR terlebih dahulu harus melakukan pengukuruan ulang ketinggian pipa yang menjadi tidak seimbang. (Humas/Diskominfo)