Hujan Lokal Intensitas Sedang Hingga Lebat Diperkirakan Warnai Pacitan

oleh
Hujan di Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kondisi cuaca yaitu hujan lokal dan berawan diperkirakan mewarnai wilayah Pacitan dan kawasan sekitarnya pada hari Natal 2018, Selasa (25/12/2018), sehingga warga diharapkan dapat mengantisipasinya bila ingin bepergian ke luar rumah.

Berdasarkan data prakiraan cuaca dalam siaran pers Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan yang diterima Pacitanku.com, Selasa pagi mengatakan cuaca hujan dengan suhu 26 °c. Adapun kelembapan 91 %, kecepatan angin 6 km/jam, angin berhembus dari arah barat daya dengan tinggi Gelombang  berkisar 1,25 hingga2,5 meter.

“Terpantau cuaca hujan pada pagi hari ini di wilayah kabupaten Pacitan,  dan di prakirakan hujan degan intensitas ringan, sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi hingga sore hari nanti di wilayah kabupaten Pacitan,”demikian tulis Pusdatin BPBD Pacitan dalam siaran persnya.

“Di himbau untuk tetap selalu waspada terhadap perubahan cuaca secara singkat serta peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang/ombak yang terjadi di sepanjang perairan pantai selatan pulau jawa,”imbuhnya.

Sebelumnya, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas lebat saat Hari Raya Natal Desember 2018 ini.

“Cuaca saat periode libur Natal yaitu pada 23-25 Desember diperkirakan curah hujan di wilayah Indonesia mengalami sedikit penurunan, namun potensi hujan lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Senin (17/12).

Dia mengatakan, potensi hujan lebat tersebut dapat terjadi di Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Sementara menjelang/memasuki tahun baru 2019, khususnya 26 Desember 2018 sampai 3 Januari mendatang suplai uap air di wilayah Indonesia relatif berkurang sehingga tutupan awan menjadi minimal di wilayah Indonesia bagian barat umumnya cuaca akan diliputi kondisi berawan dengan potensi hujan ringan sampai sedang di beberapa wilayah.

Hingga saat ini 77,4 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan yang juga diikuti dampaknya seperti banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung. Musim hujan sudah dimulai sejak Oktober 2018 dan diperkirakan akan berakhir pada awal Maret 2019 sementara puncak musim hujan akan berlangsung pada Januari dan Februari 2019. (RAPP002)