Alat Berat Dikerahkan Dukung Operasi Lilin Semeru di Pacitan

oleh
Kapolres dan Bupati mengecek kesiapan operasi lilin semeru di Pacitan. (Foto: Diskomnfo Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kapolres Pacitan AKBP Sugandi mengatakan mengerahkan personel gabungan dikerahkan dalam menyukseskan Operasi Lilin Semeru 2018 jelang libur Natal dan tahun baru 2019.

“Operasi Lilin semeru 2018 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2018, dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum, kecuali ada 13 Polda yang melaksanakan ops lilin semeru 2018 mulai hari ini tgl 21Des 2018 s.d 1 Januari 2019,”kata Kapolres dalam sambutannya.

Salah satu fokus yang akan dilakukan, kata dia, bisa menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru, khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan serta fasilitas transportasi lainya.

Untuk mendukung operasi tersebut, sejumlah alat berat juga diturunkan pada daerah rawan longsor dan titik-titik pariwisata. 

“Pada zona rawan longsor melalui dinas terkait telah menyiapkan alat berat seperti Bulldozer, Alhamdulillah untuk menunjang momen Natal dan pergantian tahun ini kita dapat satu alat berat,”kata Bupati Pacitan Indartato.

Pada musim penghujan seperti sekarang ini, kerap terjadi bencana antara lain banjir dan tanah longsor, sehingga perlu kesiapan dan koordinasi dengan pemerintah daerah guna mengantisipasi terjadinya bencana tersebut terutama pada jalur lintas yang digunakan masyarakat untuk berliburan merayakan Natal dan Tahun Baru.

Dalam apel itu, Kapolres Pacitan membacakan amanat Kapolri yang menyebutkan apel gelar pasukan ini sebagai momentum penting meninjau kesiapsiagaan personel, pengecekan sarana dan prasarana untuk memperkuat soliditas para stakeholder terkait Operasi Lilin 2018.

Perlu juga dilakukan antisipasi dan inventarisasi potensi kerawanan di daerah masing-masing, seperti kejahatan konvensional, aksi terorisme, sweeping ormas, kecelakaan moda transportasi dan stabilitas harga pangan.

Selain itu, juga selalu menjaga sinergitas dan soliditas dengan TNI, Polri dan instansi terkait demi menciptakan pengamanan dan stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Apel Operasi Lilin di Pacitan dihadiri Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav.Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Adjie Ariono, dan para Kepala OPD di Pacitan.

Peserta apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018 di Pacitan diikuti oleh satu SST Provost gabungan TNI-Polri, satu SST Kodim 0801/ Pacitan, satu SST Lantas, satu SST Lantas, satu SST Intekam Polres Pacitan, dua SST Shabara Polres Pacitan, satu Regu Satpol-PP, satu SST Dishub Pacitan, satu Regu Senkom Mitra Polri, satu SST Gabungan Rapi dan PMI, satu SST Saka Bhayangkara. (SRW/RAPP002)