Dihadiri SBY, Ribuan Pelajar Pacitan akan Pecahkan Rekor MURI Ronthek dan 3D Mozaik

oleh -635 views
Persiapan peserta pemecahan Rekor MURI Ronthek Pacitan. (Foto: Diskominfo Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekitar 7.500 pelajar di Kabupaten Pacitan akan memecahkan rekor MURI tari ronthek dan 3D Mozaik dalam tajuk Festival Wonderful Kota 1001 Goa-Pacitan pada Sabtu (8/12/2018) di Stadion Gelora Arga Lima Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Kepala Sie Kebudayaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan Suyadi, dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Jumat (7/12/2018) mengatakan pemecahan rekor MURI tersebut melibatkan 5000 pelajar SMP dan 2.500 pelajar SMK/SMA untuk Mozaik 3D.

“Kami diuntungkan dengan kegiatan tersebut, dengan semakin dikenalnya Khasanah seni budaya yang beraneka ragam ini, utamanya kesenian Ronthek yang rencananya bersama Kethek Ogleng menjadi ikon budaya Kabupaten Pacitan serta dikenal di kancah baik Nasional dan Internasional,”katanya.

Baca juga: SBY akan Hadiri Pemecahan Rekor MURI Ronthek Festival Wonderful Pacitan

Lebih lanjut, Suyadi mengatakan pihaknya mengatakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri Any Yudhoyono akan menyaksikan peristiwa tersebut.

Tak hanya itu, Suyadi mengatakan dalam festival tersebut juga akan digelar di alun-alun Pacitan. Di alun-alun Pacitan, Suyadi mengatakan akan digelar  pertunjukan Tari Sekar Klayar.

Selain itu, Ronthek dari Kecamatan Pringkuku yang memperoleh Juara 1 pada Festival Ronthek 2018 juga tampil dalam kegiatan itu.

“Juga digelar Bazaar UMKM produk unggulan baik kuliner khas, akik dan batik Pace,” tambah dia.

SBY sendiri dijadwalkan hadir di Pacitan sejak Jumat (7/12/2018) sore dan menginap di Guest House Alloro Jl K Umar nomor 2 Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan. (RAPP002)