Wayang Beber Pacitan Turut Semarakkan Hari Wayang Dunia ke-IV 2018

oleh -131.643 views

Pacitanku.com, PACITAN – Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta kembali menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati hari Wayang Dunia ke IV tahun 2018.

Informasi yang diperoleh Pacitanku.com, acara tersebut dibuka pada Selasa (6/11/2018) di Pendapa Ageng GPH Joyokusumo, ISI Surakarta, Jalan Ki Hajar Dewantara 19 Kentingan, Jebres, Kota Surakarta.

Yang menarik, pada gelaran kali ini akan ditampilkan juga wayang Beber Pacitan pada hari yang sama dengan dalang Ki Supani Gunodharmo dan Ki Abunawas. Wayang beber kali ini akan ditampilkan pada Selasa (6/11/2018) pukul 22.00-23.30 WIB dengan lakon “Panji Joko Kembang Kuning.”

Acara pentas Hari Wayang Dunia ke-IV ini diawali dengan wayang ruwatan Sukerta, dalang Ki Manteb Soedharsono, lakon “Murwakala”, dilanjutkan Wayang kulit purwa gaya Surakarta, dalang Ki Endro Kusumo dengan lakon “Karna Tandhing” dan juga Wayang kulit purwa gaya Surakarta, dalang Ki Sri Susilo (Thengklèng) dengan lakon “Werkudara Kembar.”

Selanjutnya akan tampil juga Wayang boneka, dalang Ki Dr. Trisno Santoso, ISI Surakarta dengan lakon “Di Atas Langit Masih Ada Langit”, Wayang Perjuangan oleh Ki Dr. Sunardi, S.Sn., M.Sn. (ISI Surakarta) dengan lakon “Untung Surapati” serta juga Wayang krucil Kediri, dalang Ki Harjito dengan lakon “Panji Semirang.”

Selain pentas wayang, juga akan turut tampil pameran wayang-wayang lawas, seni rupa wayang, dan buku-buku wayang pada Selasa hingga Kamis di Loby Gedung Teater Besar “Gendhon Humardani” ISI Surakarta.