Pemkab Apresiasi Pegiat Media Sosial Promosikan Wisata Pacitan

oleh -871 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mengapresiasi kerja keras para pegiat media sosial untuk membantu promosi wisata Pacitan.

Kepala Disparpora Endang Surjasri saat berjumpa dengan puluhan pegiat media sosial, Jumat (12/10/2018) di Warung Khase Pacitan juga mengajak para pegiat media sosial untuk terus bersinergi mempromosikan wisata Pacitan.

“Kami sangat mengapresiasi para pegiat sosial media dalam mempromosikan pariwisata di Pacitan, kami juga mohon maaf apabila belum banyak perhatian yang diberikan oleh dinas selama ini dan tentu mengajak semua pelaku pariwisata untuk bersinergi,”kata dia.

Salah satu bentuk sinergi tersebut, kata dia, adalah sinergitas pegiat media sosial dengan Disparpora jika ke lapangan atau lokasi pariwisata.

Secara khusus, mantan Camat Tegalombo ini mengajak pegiat  media sosial menekankan untuk merubah mindset atau pandangan tentang target pariwisata Pacitan.

“Kita harus melebarkan pandangan, tidak terbatas hanya pada tercapainya target PAD dari sektor pariwisata. Tetapi lebih dari itu, sektor pariwisata juga harus lebih bermanfaat untuk masyarakat langsung” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pantai Klayar, pantai Watukarung, Goa Gong, pemandian air hangat Tirto Husodo masih menjadi primadona para wisatawan.

“Walaupun akses menuju pemandian air hangat masih menunggu selesainya proyek waduk tukul untuk perbaikannya, tidak menyurutkan jumlah wisatawan yang datang,”jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumberdaya Pariwisata Disparpora Ilham Subehi mengatakan saat ini pemerintah menggalakkan sektor-sektor kreatif oleh pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

“Tahun 2019 masyarakat akan difasilitasi MoU tentang ekonomi kreatif ke pemerintah pusat. Di Pacitan sendiri ada sekitar 13 sektor ekonomi kreatif yang dijadikan percontohan, walaupun itu belum final karena Dinas Pariwisata sedang menelusurinya ke lapangan. Sehigga dapat diketahui pasti sektor mana yang benar-benar menjadi unggulan di Pacitan sehingga bisa dijadikan contoh dan dibawa ke pusat,”jelasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pegiat media sosial, diantaranya admin Instagram @Pacitanwonderfull, admin Instagram @Pacitanku, @Dutabatikpacitan, Pacitan Runners, dan sejumlah pegiat media sosial lainnya.

Pewarta: Sulthan Shalahuddin
Penyunting: Dwi Purnawan