Menikmati Sensasi Manis dan Kenyal Jenang Khas Pacitan

oleh -1.873 views
Jenang Dodol Khas Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Kuliner Pacitan, Jenang Dodol.

Pacitanku.com, PACITAN – Salah satu kuliner khas Pacitan yang banyak digandrungi pecinta kuliner adalah jenang Pacitan. Jenang satu ini adalah satu dari sekian banyak kuliner khas Pacitan yang menyajikan sensasi rasa yang ngangeni dan dengan cita rasa khas Pacitan.

Dengan warna khas, yakni coklat tua, jenang ini memiliki rasa manis, kenyal dan ada sensasi wijen sebagai pelengkap rasa. Tak heran, jenang Pacitan ini bisa dikatakan sebagai kuliner unggulan di Pacitan. Yang menjadi keunggulan dari jenang Pacitan adalah sensasi manisnya yang tidak terlalu manis, ditambah lembut dan kenyalnya yang tak terlalu kenyal.

Jenang Pacitan sendiri banyak ditemui di beberapa toko oleh – oleh khas Pacitan dengan harga yang bervariasi.

Bahan baku jenang Pacitan adalah tepung beras, tepung ketan, gula merah, dan santan.

Karena makanan ini tanpa pengawet, maka biasanya saat membeli jenang di Pacitan, hanya bertahan maksimal satu minggu untuk bisa menikmati kenyal dan manisnya jenang Pacitan.

Salah satu rumah produksi jenang Pacitan, “Citro Roso” yang terletak di Jalan KH Maghribi Arjowinangun, merupakan salah satu rumah produksi jenang Pacitan yang cukup dikenal.

Biasanya, produksi jenang khas Pacitan di industri rumahan `Citro Roso’ ini melonjak drastis selama ramadhan dan menjelang Lebaran.

“Produksi dan pengiriman rata-rata di luar bulan ramadhan antara 300 kardus per minggu, sedangkan pada bulan ramadhan rata-rata mampu mengirim sebanyak 500 kardus, dan untuk yang dibungkus mika bisa sampai seribu mika,” ujar Pemilik industri rumahan `Citro Roso’, Endang Sugiono saat berbincang dengan Pacitanku.com beberapa waktu lalu.

Sementara, Endang mengatakan untuk harga jenang khas Pacitan dia mematok harga Rp14 ribu dari produsen serta Rp15 ribu jika dijual eceran, dengan ukuran 0,5 kilogram. Untuk harga yang ukuran 1 kilogram adalah Rp 27 ribu.

Selain jenang khas Pacitan, rumah produksi “Citro Roso” juga menjual sejumlah kuliner khas Pacitan lainnya seperti makanan tradisional madumongso, sale Pacitan hingga beragam olahan kuliner lain, seperti tempe keripik dan olahan kacang.

Tertarik menikmati sensasi manis dan kenyalnya jenang Pacitan? Silahkan berkunjung ke Pacitan dan rasakan sensasinya.