Pemkab Apresiasi “Gugah Tandur” Wujudkan Ketahanan Pangan di Pacitan

oleh -Dibaca 1.786 kali
Kasdim 0801/Pacitan saat menyerahkan wayang ke Ki Dalang Tondo Darsono dalam puncak Gugah Tandur di Pacitan. (Foto: Wahyu Sapto Hartono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gelaran puncak “Gugah Tandur” yang digelar Farming Art dan Kodim 0801/Pacitan diakhiri dengan penampilan wayang kulit dengan lakon “Sesaji Raja Surya” dengan dalang Ki Tondo Darsono pada Sabtu (14/7/2018) malam di lapangan Makodim 0801/Pacitan, Jalan Letjen Suprapto nomor 50 Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut, juga diberikan penghargaan kepada pemenang lomba pertanian yang digelar oleh Kodim 0801/Pacitan.

Baca juga: Begini Semarak Arak-arakan Panen Raya Gugah Tandur Farmingart Pacitan

Adapun pemenang lomba pertanian yang sudah digelar sejak empat bulan tersebut juara pertama diperoleh kelompok tani nomor petak 05 dari Kecamatan Pacitan.

Kemudian juara 2 adalah kelompok tani nomor petak 12 yakni Kecamatan Pringkuku. Sedangkan juara 3 diberikan kepada kelompok tani dengan nomor petak 08 yakni kecamatan Tulakan.

Bupati Pacitan yang diwakili Asisten III Pemkab Sakundoko menyampaikan apresiasi atas kegiatan gugah tandur dan lomba pertanian yang diinisiasi Komandan Kodim 0801/Pacitan tersebut.

Selain itu, Sakundoko juga  bangga atas berdirinya Farming Art di Pacitan, karena dapat mewakili seluruh pemuda di Pacitan untuk mengembangkan pertanian di Pacitan.

“Kegiatan ini sangat positif dan baru pertama kalinya diadakan di Kabupaten Pacitan atas kerja keras Komandan Kodim 0801/Pacitan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Pacitan,”kata mantan Kepala Dinas Pendidikan itu.

Sementara, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomi Fedi Anugrahan turut mengapresiasi kelancaran seluruh proses lomba pertanian dan puncak acara kegiatan gugah tandur yang digelar oleh Farming Art Pacitan.

Dia berharap, Farming art dan Habibi Garden mampu terus berkembang dan semangat untuk mengembangkan pertanian di wilayah Pacitan.

“Gali dan tuangkan ilmu yang telah didapat oleh para pemuda Farming Art dan Habibi Garden untuk dikembangkan secara modern di wilayah Pacitan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal dan ketahanan pangan dapat tercapai dengan baik,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga digelar presentasi hasil pertanian secara digital yang dilakukan oleh perwakilan farming Art Dian Prayogi Susanto. Dian melakukan video call dengan Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristotels Hengkeng Nusa Lawitang.

Aris kemudian melakukan cara menyalakan lampu di Green Hause di Bandung secara langsung dan menyiram menggunakan springkle zona 1 secara digital.

“Sangat berterimakasih kepada pemuda farming art yang sangat bersemangat melaksanakan kegiatan ini  dan sangat yakin usaha yang selama ini dilakukan akan membuahkan hasil dikemudian hari,”kata Aris saat memberikan sambutan dalam video call yang dilakukan.

Sebelum malam puncak dengan wayang kulit, sejumlah kegiatan telah dilakukan dalam rangka Gugah Tandur farming art Pacitan.

Agenda panen raya gugah tandur yang digelar komunitas pertanian Pacitan “Farmingart” pada Sabtu (14/7/2018) di Makodim 0801/Pacitan berlangsung semarak. Sebanyak 250 peserta arak-arakan tumpeng menyusuri jalan utama di Pacitan, di mulai dari lapangan Makodim menuju Jalan Letjen suprapto. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan Mayjen Sungkono dan berakhir di lapangan Makodim 0801/Pacitan.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan