Selama Ramadhan, Stok Elpiji 3 Kg di Pacitan Aman

oleh

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyebut ketersediaan bahan pangan di Kabupaten Pacitan selama bulan Ramadhan masih mencukupi. Bahkan, ketersediaan pangan masih sangat cukup untuk waktu empat bulan kedepan.

Hal tersebut disampaikan Indartato saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi dalam rangka ketertiban dan keamanan jelang Ramadhan, Selasa (15/5/2018) di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Secara khusus, Indartato menyebut bahwa gas Elpiji ukuran 3 kilogram masih mencukupi kebutuhan masyarakat Pacitan.“Kondisi toko besar di wilayah pacitan untuk kesediaan bahan pangan selama bulan Ramadhan masih sangat cukup untuk empat bulan kedepan, dan ketersediaan gas LPG 3 kg masih cukup,”katanya.

Baca juga: Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Ramadhan di Pacitan, Tapi Masih Wajar

Sebagaimana diketahui, Ramadhan identik dengan banyaknya takjil atau jajanan pasar dan kuliner yang bermunculan. Sebagian besar diproduksi oleh skala rumah tangga, hal itu membuat kebutuhan gas elpiji bersubsidi pun jadi naik.

PT Pertamina Marketing Operation Regional V (MOR V) menyiapkan pasokan elpiji lebih banyak dari sebelumnya.  Di prediksi rata-rata konsumsi bulanan LPG PSO (bersubsidi 3 kg) di wilayah Jawa Timur yaitu sebesar 94.679 Metric Ton (MT) / Bulan.

Pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina memprediksi adanya peningkatan konsumsi LPG 3 Kg sebesar 7% dari konsumsi normal bulanan atau meningkat menjadi 101.307 MT.

Menurut bupati sampai saat ini stok pangan menghadapi bulan Ramadhan diwilayahnya cukup. Baik daging sapi, ayam, dan lainnya.“Stok beras di bulog cukup untuk empat bulan ke depan. Mudah-mudahan tidak terjadi operasi pasar,” terangnya.

Dia mengatakan bahwa sampai saat ini stok beras di gudang Bulog, Kelurahan Sidoharjo diperkirakan masih cukup untuk empat bulan ke depan.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan