Hindari Penyelewengan, Kemensos akan Salurkan Bantuan Lewat Rekening Warga

oleh -532 views
Suasana penyerahan bantuan Kemensos RI Jumat (29/7/2017) di Pendopo Pacitan.
Suasana penyerahan bantuan Kemensos RI Jumat (29/7/2017) di Pendopo Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI menargetkan akan menyalurkan bantuan non tunai dan Program Keluarga Harapan (PKH) seluruhnya pada akhir tahun 2017. Bantuan tersebut akan disalurkan non tunai melalui rekening Bank yang ditutnjuk oleh Pemerintah.

“Harapan dari Kemensos bantuan ini dapat disalurkan 100 % pada akhir tahun 2017 ini, dan atas petunjuk Presiden RI sekarang bantuan disalurkan secara non tunai yaitu melalui Bank dan masuk ke rekening dan bisa diambil dengan Kartu Keluarga Sejahtera masing-masing, ini bertujuan untuk mengurang penyelewengan di bawah, di Pacitan kemensos menujuk Bank BNI,”kata Hary Hikmat, Direktur Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI saat melakukan kunjungan kerja ke Pacitan pada Jumat (28/7/2017) kemarin.

Selain itut, Hary berharap bantuan beras sejahtera juga akan disalurkan melalui nun tunai, sehingga tidak lagi berupa beras dari Bulog sehingga masyarakat bisa membeli beras sesuai dengan keinginan dan tidak ada lagi beras yang tidak layak konsumsi. “Di Kabupaten Pacitan diharpkan bulan Agustus ini penyaluran dananya sudah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang menerima bantuanya,”katanya.




Sementara, Bupati Indartato berharap dengan adanya empat jenis bantuan dari Kemensos tersebut dapat membantu kelangsungan hidup masyarakat kurang mampu di Pacitan.”Bahwa pemerintah yang berhasil adalah pemerintah mengurangi jumlah penduduk yang kurang mampu, dan saat ini dapat kami laporkan, pertumbuhan ekaonomi Pacitan saat ini 4,5 %, pemkab juga sedang melaksanakan gerakan terpadu masyarakat Pacitan yang disebut Program Grindulu Mapan,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pacitan, Sunaryo mengatakan bahwa bantuan sosial dari pemerintah melalui Kementerian Sosial RI di Kabupaten Pacitan sebesar Rp 95 miliar.

“Terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 32 M,3270 juta untuk 16.333 orang, Beras sejahtera (Rastra) Rp 62, 6 miliar untuk 45.671 orang, Bansos Rp 129 juta untuk 33 jiwa dan Lansia sebesar Rp 169 juta untuk 78 jiwa,”jelasnya.

Selain Kemensos dan Bupati Pacitan, hadir dalam kegiatan yang diikuti 585 warga penerima bantuan tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekda Suko Wiyono, Ketua Komisi C DPRD Pacitan Heru Setianto, Kepala Kemenag Nurul Huda, Kepala BNI I Putu Gede, Pasi Min Dim 0801 Pacitan, Kapten Dwi Subandio dan sejumlah tamu undangan.

Kontributor/Foto: Sarwono
Editor: Dwi Purnawan