Ini Harapan Indartato di HUT ke-67 Satpol PP

oleh -131.248 views
Indartato saat memberikan sambutan dalam HUT Satpol PP, Jumat kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Indartato saat memberikan sambutan dalam HUT Satpol PP, Jumat kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM berharap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk tanggap dan bereaksi cepat dalam melayani masyarakat. Selain itu, Indartato juga berharap Satpol PP selalu peka terhadap perubahan sosial, sehingga lebih siap dalam mengantisipasi dampaknya.

“Kami juga berharap Satpol PP selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara, dan Membuka ruang dialog kepada seluruh lapisan masyarakat atas kebijakan-kebijakan yang hendak diambil dengan tetap memegang teguh peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” kata Indartato saat upacara peringatan HUT Satpol PP ke-67, Hari Ulang tahun LINMAS ke-55, HUT Pemadam Kebakaran ke-98 dan HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia ke-43 Tahun 2017 di halaman pendopo kabupaten, Jum’at (17/3/2017) kemarin.




Dalam kesempatan itu, Indartato mengatakan, dengan dimasukkannya urusan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dalam urusan wajib Pemerintahan, maka urusan tersebut berkaitan dengan pelayanan dasar dan sejajar dengan lima urusan dasar lainnya.

 “Yakni urusan pendidikan kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, serta urusan sosial,” katanya.

Sehingga konsekuensi logisnya, kata Indartato, organisasi yang menanganinya harus benar-benar profesional, dan memenuhi kriteria standar pelayanan minimal. Sehingga agar masyarakat benar-benar mendapatkan pelayanan yang maksimal atas urusan wajib yang harus dilaksanakan pemerintah daerah.

Sebagai urusan wajib yang harus dilaksanakan pemerintah daerah, keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja dirancang untuk menegakkan peraturan daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

“Dengan demikian, secara filosofis keberadaannya sangat penting dan strategis, bagi jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di daerah,”katanya lagi.

Peringatan HUT Satpol PP ini sendiri mengambil tema Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Menjaga Kemajemukan Masyarakat di Daerah. “Didalamnya mengandung pesan moral, bahwa dalam masyarakat yang majemuk, persatuan dan kesatuan harus dijaga. Sehingga terhindar dari hal-hal yang dapat memecah belah kehidupan masyarakat,”ungkap Indartato.

Sedangkan terkait dengan peringatan HUT Persatuan Perawat Nasional ke-43, Indartato berharap kepada seluruh tenaga perawat dimanapun mereka bertugas, agar dalam menjalankan tugas kesehariannya. Mulai dari tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Sebelum pelaksanaan upacara digelar lomba defile. Keluar sebagai pemenang adalah regu gabungan dari Dinsosnakertrans, Disperindag, serta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Ditempat kedua diduduki regu dari Sekretariat Daerah, dan terakhir adalah regu gabungan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Badan Pendapatan Daerah, dan Disdukcapil. (Humas/RAPP002)