Jerih Payah Polres Pacitan Tertibkan Lalin, dari “Sate”, “Pansel” Hingga “Goes to School”

oleh -131.311 views
Jendela Lalu Lintas di alun-alun Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Kesadaran keselamatan berlalu lintas masih menjadi perhatian. Hal itu yang mendasari jajaran Kepolisiann Resor (Polres) Pacitan terus berupaya mengkampanyekan kesadaran keselamatan dan ketertiban berlalu lintas di Pacitan. Melalui kegiatan operasi simpatik Semeru 2017 yang berlangsung sejak awal Maret 2017 lalu, Polres Pacitan terus mengkampanyekan tertib lalu lintas dalam berbagai bentuk kegiatan.

Pansel di alun-alun Pacitan

Jendela Lalu Lintas di alun-alun Pacitan

Salah satu kegiatan mewujudkan suksesnya kesadaran dalamketertiban berlalu lintas adalah Panggung Keselamanatn (Pansel) yang digelar pada Minggu (12/3/2017) lalu di alun-alun Pacitan.

Berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkan agenda tersebut, diantaranya senam aerobic, jendela lalu lintas, photobooth dan Panel khusus Kritik dan saran Satlantas Polres Pacitan.




“Bersamaan dengan Car Free Day kita adakan Pangung Keselamatan dengan tujuan agar semua lapisan masyarakat berbaur bersama Polantas di Oprasi Simpatik, dan kita juga Memberikan kesempatan masyarakat untuk menyampaikan kritik juga saran nya atas kinerja Lantas selama ini,” kata Kasat Lantas Polres Pacitan AKP J Nugroho.

Pansel adalah sosialisasi tentang keselamatan lalu lintas yang dikemas dengan kegiatan hiburan musik. Pansel merupakan salah satu bentuk media Satuan lalu lintas Polres Pacitan melakukan kampanye kesalamatan lalu lintas pada kegiatan car free day di alun alun Pacitan tersebut.

“Pada kegiatan Car free day banayk masyarakat yang berkunjung ke alun alun. hal ini kita manfaatkan unutk kampanye keselamatan lalu lintas dengan Panggung Keselamatan yang kita bangun di salah satu sudut alun alun bekerja sama dengan pihak luar,” katanya lagi.

Satu Tindakan Keselamatan

Polres Pacitan menyosialisasikan inovasi Sate. (Foto: Polrespacitan.com)

Selain Pansel, Polres Pacitan juga meluncurkan program “Sate” yang mirip dengan nama kuliner kenamaan ini adalah akronim dari “Satu Tindakan Keselamatan.”

Dikatakan Nugroho, satuan yang dipimpinnya dan Polres Pacitan secara keseluruhan akan menggelorakan program inovasi “Sate” ini, yaitu dengan berkampanye mengajak seluruh lapisan masyarakat serta kelompok kelompok masyarakat untuk ikut peduli dan andil dalam mewujudkan keselamatan di jalan raya minimal satu hari satu tindakan untuk keselamatan.“Sate ini akan kita kampanyekan kepada seluruh masyarakat Pacitan guna terciptanya kesadaran masyarakat untuk peduli keselamatan di jalan,” katanya.

Lebih lanjut, pejabat Polres Pacitan yang sangat aktif di media sosial ini mengungkapkan bahwa banyak cara atau kegiatan kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam program “Sate” ini.“Salah satunya seperti mengajak rekan kita untuk tidak melanggar lalu lintas, memberikan helm, menutup jalan yang berlubang dan lainnya yang intinya tindakan demi keselamatan di jalan,”katanya lagi.

Seperti yang terlihat pada hari pertama Operasi Simpatik 2017 kemarin, Sat Lantas Polres Pacitan bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan umum telah mengkampanyekan “Sate” ini dengan kegiatan menambal lubang yang ada di jalan raya di seputaran bundaran Penceng dan di daerah Kebonagung. Kampanye kreatif tersebut akan terus digelorakan hingga terwujudnya keselamatan di jalan.

Selain menambal jalan berlubang, program Sate dilakukan Polres Pacitan saat ada pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas, seperti yang dilakukan Kasatgasres preventif Ipda Kumala bersama anggota Polres Pacitan, baru-baru ini.

Dalam giat Sate itu, Ipda Kumala memberikan teguran tertulis kepada salah satu pengendara yang kedapatan tidak memakai helm di jalan Jendrl. Soedirman Pacitan. Petugas memberikan teguran tertulis kepada pengendara dan memberikan helm gratis agar  dipakai saat di jalan.




“Pemberian teguran dan helm gratis ini merupakan salah satu contoh tindakan untuk keselamatan seperti program Sate, dengan mengingatkan warga untuk memakai helm saat berkendara di jalan sudah merupakan satu tindakan untuk keselamatan karena hal tersebut bisa menolong pengendara tersebut jika terjadi laka lantas,” kata Ipda Kumala.

Goes to School

Police Goes to School

Selain berbagai kegiatan tersebut, Polres Pacitan juga menggelar blusukan ke sekolah dan ke Kampus di Pacitan untuk menyosialisasikan kesadaran tertib lalu lintas, seperti yang dilaksanakan oleh Iptu Luluk Kanit Regident Polres Pacitan di MA Kebonagung pacitan dan Kasatlantas AKP J Nugroho di kampus STAINU pada Senin (13/3/2017).

Di Madrasah Aliyah Kebonagung, Iptu Luluk saat memimpin upacara menyampaikan beberapa amanat tentang lalu lintas. Pada amanat upacaranya, Perwira Polwan ini menyampaikan tentang ajakan untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas pada kalangan para pelajar.

Menurutnya pelajar merupakan aset dan generasi emas bangsa yang akan merubah peradaban bangsa ini di masa depan. “Maka para generasi bangsa ini harus di didik dan dibekali dengan kegiatan kegiatan positif, jangan suka balap liar, bangsa yang besar dan maju bisa dilihat dari lalu lintasnya. Semakin maju dan besar suatu negar, lalu lintas lancar dan masyarakatnya tertib” jelas Kepala unit Regident ini, dilansir dari laman Polres Pacitan.

Sementara di hari yang sama, Kasatlantas AKP J. Nugroho mengajak puluhan mahasiswa untuk menciptakan Pacitan yang tertib dalam berlalu lintas. Menurutnya, Polres Pacitan melalui Satuan lalu lintas yang dipimpinnnya terus berupaya mengkampanyekan tentang keselamatan lalu lintas guna menciptakan pacitan yang tertib dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Pacitan.

“Banyak jenis kegiatanya seperti mengingatkan teman agar selalu pakai helm saat mengandarai motor dan lainnya, ayo menjadi pelopor keselamatan lalu lintas. Membiasakan satu hari minimal satu tindakan untuk keselamatan,” kata Nugroho. (RAPP002)