Bupati Pacitan Berharap Jurug Gringsing Jadi Salah Satu Wisata Unggulan

oleh -133.358 views
Indartato saat berfoto di kawasan Jurug Gringsing. (Foto: IG Indartato)
Indartato saat berfoto di kawasan Jurug Gringsing. (Foto: IG Indartato)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM berharap obyek wisata air terjun Jurug Gringsing yang terletak di Dusun Krajan, Desa Ploso Kecamatan Tegalombo menjadi salah satu obyek wisata unggulan, khususnya di Kecamatan Tegalombo.

“Air terjun Jurug Gringsing di Desa Ploso Kecamatan Tegalombo ini salah satu destinasi wisata baru di Pacitan, semoga bisa menjadi salah satu obyek wisata unggulan kecamatan Tegalombo,”katanya pada Rabu (1/3/2017) melalui akun instagramnya.

Indartato juga berharap keberadaan air terjun Jurug Gringsing bisa mengurangi angka kemiskinan dengan menambah kesejahteraan warga setempat. “Semoga bisa menambah kesejahteraan warga sekitarnya,”tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato yang hadir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luky Tribaskorowati Indartato dan Camat Tegalombo Djoko Putro Utomo. Peresmian obyek wisata yang hingga kin masih dikembangan itu langsung dilakukan oleh Luky Indartato dengan cara memotong pita.

Senada dengan Indartato, Camat Djoko Putro Utomo mengungkapkan bahwa pembukaan Jurug Gringsing tersebut dilakukan dengan swadaya masyarakat. Diantaranya kerja bakti, sudah mulai tumbuh UKM dan pembenahan fasilitas serta kenyamanan jalan.



Luky Indartato saat berfoto di Jurug Gringsing. (Foto: Djoko Putro Utomo/FB)

Djoko berharap dengan semakin lengkapnya fasilitas serta sarana prasarana menuju ke lokasi wisata, semakin menguatkan potensi wisata di kawasan tersebut, dalam rangka mengurangi kemiskinan masyarakat Desa Ploso pada khususnya.“Kita kuatkan potensi wisata untuk mengurangi kemiskinan,”katanya lagi.

Berada di kawasan pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, kawasan Curug Gringsing masih sangat alami. Di saat musim hujan seperti saat ini, volume air yang meningkat menjadikan panorama air terjun yang jatuh ke sungai dibawahnya menjadi pemandangan yang memikiat. Ditambah, bebatuan besar di belakang air yang jatuh tersebut menambah eloknya pemandangan.

Luky Indartato memotong pita tanda diresmikan obyek wisata yang kini masih tahap pengembangan. (Foto: Djoko Putro Utomo/FB)

Saat ini, air terjun setinggi sekitar 20 meter ini saat ini sedang dalam pengembangan untuk memperbaiki akses jalan dan menambah fasilitas. Selain itu, warga setempat secara swadaya menambah fasilitas di kawasan wisata ini, salah satunya bambu cinta, yang merupakan bambu yang dipotong kecil-kecil dan dibentuk sedemikian rupa berbentuk lambang cinta.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato dan Luky Indartato tak ketinggalan untuk berfoto diatas bambu cinta sebagai bagian dari promosi wisata Jurug Gringsing. (RAPP002)