Trenggalek-Pacitan Galang Kerjasama Pembangunan Wilayah Selatan Jatim

oleh -101.232 views
Wabup Trenggalek berkunjung ke Pacitan. (Foto: Humas Setda Trenggalek)
Wabup Trenggalek berkunjung ke Pacitan. (Foto: Humas Setda Trenggalek)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pacitan menggalang kerjasama pembangunan di wilayah selatan Jawa Timur.

Rencana kerjasama tersebut ditandai dengan kunjungan Wakil Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ke Pacitan dalam rangka menyamakan persepsi dan potensi dalam meningkatkan pembangunan serta kemakmuran masyarakat di kawasan selatan Jatim, Kamis (16/2/2017) lalu di Pendopo Kabupaten.

Dalam kunjungan yang diterima oleh Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pacitan, Arifin mengatakan bahwa percepatan pembangunan jalur lintas selatan harus dilakukan. Selain juga pembangunan pelabuhan niaga untuk mendukung jalur pelayaran kawasan selatan.




“Dan juga wacana tentang budidaya komoditi-komoditi yang memiliki nilai ekonomis sebagai solusi dalam memberdayakan masyarakat,”katanya dilansir laman Humas Pemkab Trenggalek.

Selain percepatan sektor perekonomian, Trenggalek dan Pacitan  dapat bersama-sama memajukan kawasan ekonomi khusus pariwisata.

“Kalau tidak, bagaimana caranya kita punya terobosan inovasi apakah lewat peraturan daerah untuk memacu investasi di kawasan selatan secara bersama-sama, harapannya nanti juga bisa memaketkan pariwisata secara bersama-sama,” kata Wabup termuda se-Indonesia ini.

Sebagaimana diketahui, Pacitan dan Trenggalek adalah dua kabupaten yang memiliki persamaan geografis dan potensi daerah. Salah satu yang menjadi ciri khas kedua daerah yang bertetangga ini adalah potensi wisata pantai yang cukup banyak. (RAPP002)